25 Juli 2024

`

UB Raih Penghargaan Badan Publik Kategori Informatif

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, meraih penghargaan sebagai badan publik kategori informatif dalam Anugerah Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dari Komisi Informasi Pusat di Hotel Atria Gading Serpong, Tangerang, Rabu (14/12/2022). Penghargaan diserahkan Menkopolhukam Mahfud MD mewakili Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

 

Rektor UB, Prof. Widodo

MENURUT Rektor UB, Prof. Widodo, SSi.,MSi.,PhD. Med.Sc, di era digital seperti sekarang, pelayanan informasi kepada masyarakat menjadi hal yang sangat penting. Harus cepat, akurat,  dan memuaskan. “Intinya, masyarakat perlu mendapat informasi yang jelas dan seluas-luasnya. Masyarakat harus kita layani dengan baik, sesuai slogan Hak Anda Untuk Tahu. Karena UB adalah badan publik yang tugasnya melayani publik,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya UB, sekaligus Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, Prof. Drs. Gugus Irianto, MSA.,PhD.,Ak, mengatakan, untuk mendapat predikat informatif, berbagai terobosan dan inovasi dilakukan. Antara lain, diadakan Gerakan Sadar Keterbukaan Informasi Publik. Salah satunya, pemilihan Duta Informasi Publik yang melibatkan mahasiswa difabel.

“Mereka yang terpilih dibekali materi tentang pelayanan, informasi publik dan peraturan atau ketentuan yang terkait,” katanya.

Kepala Divisi Informasi, Data, dan Keluhan (DIDK) UB, Zulfaidah Penata Gama, PhD, bersyukur dengan predikat informatif yang didapat dari KI Pusat. Apalagi raihan ini untuk keempat kalinya berturut-turut. “Ini merupakan hadiah istimewa bagi sivitas akademika UB di akhir tahun 2022,” katanya.

Berdasarkan keterangan pers yang dikeluarkan KI Pusat, Rabu (14/12/2022), badan publik yang meraih predikat informatif mencapai 122 badan publik. Padahal pada  2021 hanya 84 badan publik.  (div/mat)