13 April 2024

`

UB – Lapas Malang Ajari Warga Binaan Budidaya Udang

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I A Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, menjalin kerjasama budidaya pengembangan udang di wilayah lapas dengan Universitas Brawijaya (UB), Selasa (14/02/2023).

 

Kepala Lapas Kelas 1 A Malang, Heri Azhari bersama Wakil Direktur Pengembangan dan Kerjasama UB, Dr. Ir. Abd Rahem Faqih, MS.

 

KEPALA Lapas Kelas 1 A Malang, Heri Azhari, menjelaskan, di Lapas Malang telah ada sejumlah wirausaha bagi para penghuni sebagai pembekalan dan pelatihan kemandirian bagi warga binaan.

“Kali ini tambah lagi pelatihan wirausaha kemandirian. Yakni pengembangan budidaya udang. Ini menambah jumlah bekal usaha kemandirian yang sebelumnya sudah ada 15 macam. Ini sebagai tindaklanjut dari MoU dengan Rektor UB,” terang Kalapas, Heri Azhari, Selasa (14/02/2023).

Selanjutnya, kata kalapas, untuk pelatihan teori dan teknis pelaksanaan, akan disampaikan para akademisi dari UB. “Terserah nanti bakat dan minatnya. Karena ini sebagai bekal keahlian jika nanti sudah bebas dan kembali ke masyarakat lagi,” lanjutnya.

Saat ini, Lapas Malang menyiapkan lahan guna budidaya udang. Untuk tahap pertama, sejumlah 2.500 ekor udang. Dan nantinya akan terus dikembangkan secara berkelanjutan. “Kami berharap, hal ini bisa berjalan secara berkelanjutan. Misalnya nanti sudah panen, dan dimulai dari bibit lagi dan seterusnya. Termasuk pakan, penjualan, dan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Pengembangan dan Kerjasama UB, Dr. Ir. Abd Rahem Faqih, MS, menerangkan, pihaknya siap mensupport dan merealisasikan kerjasama antar lembaga. “Kami siap merealisasikan kerjasama ini. Memberikan pelatihan dan pembekalan. Termasuk pembuatan makanan udang berupa pelet,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat, hal tersebut segera direalisasikan. Menurutnya, dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk satu kali putaran pemanenan. (aji/mat)