23 April 2024

`

UB Juara Umum Lombok Essay Competition

2 min read
“UB diwakili dua tim, dari Fapet ada dua tim, dan FK satu tim. Ketiga kelompok ini mampu meraih medali, baik emas, perak, dan perunggu,  sehingga UB meraih poin tertinggi dan menjadi juara umum.”

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Delegasi Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, yang diwakili Fakultas Peternakan (Fapet) dan Fakultas Kedokteran (FK), menjadi juara umum dalam Lombok Essay Competition yang diselenggrakan Universitas Mataram, 24-25 September 2022.

 

Inilah tim mahasiswa UB dari Fapet dan FK yang menjadi juara umum dalam Lombok Essay Competition yang diselenggrakan Universitas Mataram, 24-25 September 2022. (dok: fapet ub from humas)

 

WAKIL Dekan Bidang Kemahasiswaan Fapet UB, Agus Susilo, mengatakan, Tim Fapet meraih medali gold dan bronze untuk kategori bidang peternakan dan medali silver dalam kategori antar bidang. Sedangkan Tim i FK mendapat bronze medal dalam kategori perbidang.

“UB diwakili dua tim, dari Fapet ada dua tim, dan FK satu tim. Ketiga kelompok ini mampu meraih medali, baik emas, perak, dan perunggu,  sehingga UB meraih poin tertinggi dan menjadi juara umum,” kata Agus, Kamis (29/09/2022).

Agus menjelaskan, Lombok Essay Competiton ini digelar dalam rangka dies natalis Universitas Mataram ke-60 yang diadakan  Fakultas Teknologi dan Agroindustri. “Tema utamanya seputar pangan dan peternakan. Kami fokus pada dua hal tersebut,” ujarnya.

Melalui Tim 1 yang digawangi  Detry Al Bukhary, Carles Turawan, Gita Aprini, Tim Fapet mampu menarik perhatian juri dan meraih medali gold dengan essay “Konsep kandang steril berbasil smart controller sebagai upaya pencegahan penyakit PMK pada sapi perah,” jelasnya.

Sedangkan Tim 2 yang terdiri dari Carles Turawan, Detry Al Bukhary, dan Andhani Kurnia, mengusung essay “Implementasi Konsep Ambali bali Berbasis Sistem Agroforestri Terhadap Hutan Kemasyarakatan Lokal Suku Komering.”

Tim dari Fakultas Kedokteran yang terdiri dari Putri Wida, Annisa Fitri, Nurin Nadhilah A, juga berhasil meraih medali perak dalam kategori kesehatan. Tim ini mengusung tema essay ”Potensi Sorgum Jantung Pisang Dalam Snack Bar Tinggi Mineral dan Protein Sebagai Inovasi Pangan Modern Menuju Indonesia Emas Bebas Stunting.”

Agus mengaku, tema yang diangkat Tim UB merupakan tema yang sedang aktual dalam bidang masing-masing dan menjadi salah satu solusi dalam permasalahan yang ada saat ini.

Seperti kandang steril,  saat ini menjadi isu penting ketika Indonesia diserang penyakit PMK sapi. Begitu pula dengan isu stunting yang menjadi salah satu perhatian pemerintah agar mampu menurunkan angka stunting.

“Tema yang diusung oleh adik-adik mahasiswa dari UB aktual sekali dan diharapkan mampu menjadi solusi dari permasalahan yang memang sedang terjadi,” pungkas Agus. (div/mat)