20 Mei 2024

`

Tutup Kejuaraan Antar Kampung Piala Kemenpora, Ini Catatan Wakil Bupati Malang

3 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Kejuaraan Antar Kampung Piala Kemenpora 2023 yang berlangsung sejak Jumat (06/10/2023), resmi ditutup Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, Minggu (08/10/2023) sore di GOR Nenjap One, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto bersama para undangan dan pemenang saat penutupan Kejuaraan Antar Kampung Piala Kemenpora 2023 di GOR Nenjap One, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (09 /10/2023) sore.

 

Ketua KONI Kabupaten Malang, H. Rosyidin, menyerahkan piala kepada pemenang cabor atletik saat penutupan Kejuaraan Antar Kampung Piala Kemenpora 2023 di GOR Nenjap One, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (09 /10/2023) sore.

DALAM kesempatan itu, wakil bupati memberikan catatan khusus atas pelaksanaan even yang merupakan program kemenpora ini. Salah satrunya, soal pendanaan dan waktu pelaksanaan. “Saya dapat laporan Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Firmando H Matondang) bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan persiapan yang sangat singkat dan mendadak, sehingga pelaksanaan tak bisa maksimal,” katanya.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Firmando H Matondang, menyerahkan piala kepada pemenang cabor bulutangkis saat penutupan Kejuaraan Antar Kampung Piala Kemenpora 2023 di GOR Nenjap One, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (09 /10/2023) sore.

Selain itu, masih kata Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, even olahraga yang menjadi program Kementerian Pemuda dan Olahraga ini juga tidak didukung dengan pendanaan yang cukup dari kementerian. Para atlet yang berlaga dan menjadi juara dalam Kejuaraan Antar Kampung ini hanya mendapat tropi dan sertipikat dari kementerian.

“Sementara Pemkab Malang tidak bisa memberikan bantuan anggaran, apalagi dalam jumlah yang sangat besar, tanpa perencanaan. Karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, kami minta maaf. Namun kita tetap bangga, karena kegiatan ini tetap terlaksana walaupun dengan pembiayaan yang sangat minim. Tapi saya berharap hal ini tak menjadi catatan, tapi malah menjadi pengungkit semangat,” kata wakil bupati.

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menyerahkan piala kepada pemenang cabor bulutangkis saat penutupan Kejuaraan Antar Kampung Piala Kemenpora 2023 di GOR Nenjap One, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (09 /10/2023) sore.

Namun beruntung Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malang bersama cabang olahraga terkait masih mampu berupaya, sehingga atlet yang juara mendapat uang pembinaan meski nilainya tak besar dan beberapa hadiah tambahan. Seperti di cabang olahraga bulutangkis, juara 1 mendapat tambahan uang pembinaan Rp 750 ribu, juara 2 Rp 500 ribu, dan juara 3 bersama masing-masing Rp 250 ribu plus kaos olahraga dari Ketua Umum PBSI Kabupaten Malang, H. Imam Sumantri, untuk 16 atlet bulutangkis yang masuk semifinal.

Ketua PBSI Kabupaten Malang, H. Imam Sumantri, menyerahkan piala kepada pemenang cabor bulutangkis saat penutupan Kejuaraan Antar Kampung Piala Kemenpora 2023 di GOR Nenjap One, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (09 /10/2023) sore.

Seperti diketahui, sebanyak 462 atlet tingkat pelajar SD/SMP/SMA se Kabupaten Malang dari tiga cabang olahraga, mengikuti Kejuaraan Antar Kampung Piala Kemenpora 2023 di kawasan Stadion Kanjuruhan, Desa Kedungpedaringan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat – Minggu (06 – 09/10/2023) siang.

Tiga cabang olahraga yang dipertandingkan itu meliputi atletik (lari) diikuti sebanyak 250 atlet, bulutangkis diikuti 96 atlet (digelar di GOR Nenjap, Kepanjen), dan tenis meja diikuti sebanyak 116 atlet.

Pembukaan Kejuaraan Antar Kampung 2023 dilaksanakan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, didampingi Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, seluruh camat se Kabupaten Malang, dan sejumlah pejabat di kawasan Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Jumat (06/10/2023) siang. (bri/mat)