20 Mei 2024

`

Tim Labfor Polda Belum Temukan Penyebab Kebakaran Malang Plaza

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim belum berhasil menemukan titik api pertama kebakaran, termasuk penyebab kebakaran di Malang Plaza, Jl. KH Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

 

Beginilah kondisi tampak depan Malang Plaza setelah terbakar, Selasa (02/05/2023) dini hari.

 

KETUA Tim Labfor Polda Jatim,  Kombes Pol Joko Siswanto,  menerangkan, hingga hari kedua kebakaran, ada beberapa lokasi yang masih dalam kondisi panas. “Ada dua  hal yang menjadi tugas kami. Yakni,  mencari titik awal api kebakaran dan mencari penyebab kebakaran di Malang Plaza ini. Tapi kondisi gedung masih panas,” terangnya di lokasi kebakaran, Rabu (03/05/2023).

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim masih melakukan penyelidikan untuk mengetahu sumber api dan penyebab kebakaran yang menimpa Malang Plaza, di Jl. KH Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (04/05/2023) siang.

Ia menambahkan, untuk yang masih panas ada di daerah lantai 2 dan 3. Karena itu pihaknya akan kembali lagi keesokan harinya.  “Yang pertama adalah safety, menunggu kondisi dingin. Insya Allah kembali lagi besok,” lanjutnya.

Beginilah kondisi di dalam Malang Plaza setelah terbakar, Selasa (02/05/2023) dini hari. Banyak HP yang ludes terbakar.

Disinggung dugaan sementara penyebab kebakaran, ia belum bisa mengatakan. Termasuk barang apa saja yang diamankan. ‘Kita belum amankan apa- apa, karena belum melakukan pengecekan secara keseluruhan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Klojen, Kompol Syabain, menerangkan, pihaknya masih akan terus melakukan koordinasi.

Seperti diketahui, salah satu supermarket terbesar di Kota Malang, Jawa Timur,  Malang Plaza,  yang terletak persis di depan Kantor Bupati Malang, terbakar, Selasa (02/05/2023) dini hari.  Belum diketahui penyebab kebakaran. Namun yang jelas sebagian besar bangunan  nyaris ludes dilalap si jago merah.

Kebakaran hebat itu melalap sebagian besar isi mall yang berada  di Jl. KH. Agus Salim, Kecamatan Klojen,  Kota Malang, tersebut.  Sejauh ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran, berapa total kerugian, dan sebagainya, karena masih dalam penyelidikan petugas  yang berwenang. Namun yang pasti sejumlah barang dagangan terbakar, seperti pakaian, barang elektronik, gadget,  dan lainnya.  (aji/mat)