19 Juni 2024

`

Tiga Kelurahan Ini Juara Satkamling

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tiga Kelurahan di Kota Malang, Jawa Timur, Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun, Mojolangu Kecamatan Lowokwaru, dan Purwantoro Kecamatan Blimbing, menjadi juara lomba Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang diselenggarakan Polresta Malang Kota. Tropi pemenang diserahkan Wali Kota Malang, Sutiaji, saat apel, Rabu (21/06/2023) pagi.

 

Para pemenang lomba satkamling tingkat Kota Malang, Jawa Timur, bersama Wali Kota Malang, H. Sutiaji, dan sejumlah pejabat lainnya, usai menerima tropi, di Mapolresta Malang Kota, Rabu (21/06/2023) pagi.

 

KAPOLRESTA Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, menjelaskan, Lomba Satkamling ini dalam rangkaian hari Bhayangkara oleh Korbinmas. Mulai tingkat Polres/Polresta sampai Polda. Bahkan nantinya, jika menjadi yang terbaik di Polda, diajukan di tingkat nasional.

Wali Kota Malang, H. Sutiaji, menyerahkan tropi kepada pemenang lomba satkamling tingkat Kota Malang, Jawa Timur, di Mapolresta Malang Kota, Rabu (21/06/2023) pagi.

“Ada beberapa indikator penilaian. Hasilnya, ada 3 kelurahan di tiga wilayah Polsek menjadi yang terbaik. Tentunya, dengan penilaian yang obyektif. Mohon doa dari Pak Walikota, Ketua Dewan, Pak Dandim, dan seluruh masyarakat,” terang Kombes Pol Budi Hermanto, saat apel satkamling dan penyerahan tropi juara lomba satkamling tahun 2023 di Mapolresta Malang Kota, Rabu (21/06/2023) pagi.

Budi menambahkan, lomba tersebut salah satunya dimaksudkan agar bisa kembali menggugah, mengaktifkan para warga untuk menciptakan kamtibmas lewat keamanan lingkungan. Karena manfaat satkamling sangat banyak. “Jika ada persoalan di masyarakat, bisa diselesaikan dengan baik, guyub rukun, wilayah dijaga secara bergantian,” katanya.Apakah terkait Pemilihan Umum? “Dalam pelaksanaan pemilu, banyak yang akan kita sambangi. Beberapa kantong parpol, terutama kantong- kantong masyarakat hingga posko- posko. Menghimbau seluruh masyarakat untuk terlibat dalam pelaksanaan Pemilu 2024 dan jangan golput,” jawabnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji menerangkan, keaktifan masyarakat dalam satkamling menunjukkan bahwa pengamanan wilayah bukan hanya tugas Polri. “Menjaga keamanan dan ketertiban adalah tugas kita semua. Sehingga ada pamswakarsa. Itu dipahamkan pada masyarakat. Ketika ada hal mengganggu ketertiban, yang bertindak bukan menunggu Pak Polisi, Babinsa. Walaupun itu secara langsung (tugasnya) menempel,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, serta jajaran Kapolsek serta PJU Polresta Malang Kota. (aji/mat)