20 Mei 2024

`

Tekan Stunting, UB Terjunkan 100 Mahasiswa di Kabupaten Malang

1 min read
“Sebanyak 100 mahasiswa FIKES akan disebar di beberapa kecamatan, seperti Pujon, Gondanglegi, Singosari, dan Ngajum. Ini  merupakan bentuk kontribusi UB dalam penguatan konvergensi 5 pilar dalam upaya percepatan upaya penurunan stunting.”

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 100 mahasiswa  Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya (FIK UB), diterjunkan ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (26/09/2022) siang. Mereka akan membantu menurunkan masalah stunting.

 

Sebanyak 100 mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya (FIK UB), diterjunkan ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (26/09/2022) siang. Mereka akan membantu menurunkan masalah stunting.

 

DEKAN FIKES UB, Prof. Dian Handayani, S.KM., M.Kes, Ph.D, menjelaskan, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKB) Peduli Stunting Desa Emas ini,  berlangsung hingga minggu kedua November.

“Sebanyak 100 mahasiswa FIKES akan disebar di beberapa kecamatan, seperti Pujon, Gondanglegi, Singosari, dan Ngajum. Ini  merupakan bentuk kontribusi UB dalam penguatan konvergensi 5 pilar dalam upaya percepatan upaya penurunan stunting,” jelas Dian Handayani.

Dian Handayani menjelaskan, para mahasiswa FIKES UB ini akan melakukan program penurunan  stunting di beberapa desa. “Kegiatan ini memang merupakan kegiatan bersama-sama, dimana dosen dan mahasiswa ikut berpatisipasi dalam pengusulan program matching fund. Salah satu pendanaannya dari matching fund yang disebut juga sebagai Desa Emas Program Stunting,” jelasnya.

Sementara  itu, Rektor UB,  Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,PhD, saat melepas para mahasiswa,  mengajak para peserta menerapkan ilmu selama perkuliahan. “Hal yang paling penting bagi adik-adik serta pengajar adalah memahami permasalahan masyarakat.Kalau tahu permasalahannya,  maka adik-adik bisa melakukan sesuatu, berbuat sesuatu berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan. Dengan begitu keberadaan adik-adik bisa dirasakan dan bermanfaat buat masyarakat.” tuturnya.  (div/mat)