22 April 2024

`

Tahfidz 30 Juz Juarai Duta Kebudayaan Jawa Timur

1 min read
Vida Rofika Miladiah.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM- Vida Rofika Miladiah, tahfidz 30 juz Al Quran, mahasiswi semester 7 Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Jawa Timur, berhasil menjadi juara pertama Duta Kebudayaan Jawa Timur yang diselenggarakan Yayasan Arunika Cipta Abadi. Grand final nasional akan digelar di Jambi, 17 Oktober 2021, dan masa karantina dimulai 10-17 Oktober 2021.

 

MENURUT Vida Rofika Miladiah, capaian ini merupakan kesempatan pertamanya. “Saya belum pernah terjun di bidang ini. Alhamdulillah rezeki sekaligus amanah dari Allah, dan berkat kepercayaan dari teman-teman,” ujarnya, Jumat (24/09/2021) siang.

Penghafal 30 Juz Al Quran ini sebelumnya tampil sebagai juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur. Berkat prestasi itu, Vida kemudian diutus menjadi perwakilan Jawa Timur tingkat nasional.

Untuk mengikuti Duta Kebudayaan Jawa Timur, dirinya harus bersaing dengan 112 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur. Tahapan seleksi tersebut dilakukan secara ketat oleh dewan juri. “Karena dilakukan secara online, konsekuensinya tahapan yang dilakukan jadi lebih panjang, ” uujarya.

Hadir dalam seleksi tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anik Maslachah, dan Bupati Jember Hendy Siswanto. Jika terpilih di tingkat nasional, Vida berharap bisa menjembatani pemuda dan pemudi dengan pusat kebudayaan agar aspirasi dan semangatnya bisa tersampaikan. Selain itu juga agar lebih banyak orang yang turut serta menjaga warisan budaya di tanah Jawa dan Indonesia.

Grand Final Duta Kebudayaan Indonesia 2021 akan digelar di Jambi, 17 Oktober 2021. Sedangkan masa karantina dimulai 10-17 Oktober 2021. Yayasan Arunika Cipta Abadi. (DIV/MAD)