29 November 2023

`

Sengguruh Jadi Desa Percontohan Minahasa

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur,  rupanya dianggap mempunyai nilai lebih oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Terbukti,  mereka sudi jauh-jauh datang ke Malang untuk mengadakan studi lapangan ke Sengguruh,  Kamis (24/05/2018).

 

Studi lapangan Pemerintah Kabupaten Minahasa di Desa Sengguruh
Studi lapangan Pemerintah Kabupaten Minahasa di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

 

Camat Kepanjen, Abai Saleh

Dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Kabupaten Minahasa, sejumlah camat dan sekretaris desa dari Minahasa, mereka  diterima Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Kabupaten  Malang, Suwadji dan Camat Kepanjen,  Abai Saleh.

Menurut Abai, jajaran Pemerintah Kabupaten  Minahasa  tertarik dengan sistem administrasi pemerintahan di Desa Sengguruh yang sudah terkomputerisasi. “Mereka tertarik dengan sistem komputerisasi pelayanan kepada masyarakat yang berbasis pada data base penduduk. Sehingga,  ketika ada warga yang ingin memperpanjang KTP atau surat lainnya, bisa membuka data base kependudukan, sehingga lebih efisien,” terang Camat Kepanjen.

Selain itu,  ada satu lagi yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Minahasa, yakni  Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang diterapkan Pemerintah Desa Sengguruh membuat para tamu dari Minahasa terkagum.

“Mereka tertarik  dengan Siskeudes yang ada di Sengguruh. Memang,  mulai dari perencanaan, penggunaan,  dan pelaporan,  semua disajikan update setiap hari. Hal ini yang katanya belum ada di tempat mereka,” jelas Abai Saleh.

Menurut  Abai,  Pemerintah Kabupaten  Minahasa ingin  apa yang didapatkan di Desa Sengguruh bisa diterapkan di Minahasa. “Mereka ingin mengaplikasikan apa yang didapat. Tujuan mereka kan memang seperti itu,” pungkas Camat Kepanjen.  (diy)