29 November 2023

`

Semeru Team Universitas Negeri Malang Juara I Kontes Mobil Hemat Energi

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Semeru Team Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, meraih juara pada Shell Eco-Marathon (SEM) di Sirkuit Mandalika dan meraih Juara I (Prototipe) Mesin Pembakaran dalam Etanol dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023, di Sirkuit Carnaval Ancol, Jakarta, 28 Oktober – 03 November 2023.

 

Inilah Semeru Team UM yang meraih juara 1 KMHE 2023. (ist)

 

PERLOMBAAN tingkat nasional yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, tersebut, cukup bergensi, sehingga butuh bekerja keras untuk dapat mencapai posisi saat ini.

“Persiapan untuk event KMHE ini sudah cukup lama. Dari setelah event Shell Eco-Marathon 2023 di Pertamina Mandalika Internasional Circuit hingga hari H event perlombaan KMHE 2023 di Jakarta Internasional ePrix Circuit, kami terus melakukan percobaan dan peningkatan performa,” ujar Ketua Semeru Team, Zacky, di kampus setempat, Senin (06/11/2023).

“Kami juga melaksanakan hasil evaluasi yang kami dapat dari event SEM terkait konstruksi kendaraan dan performa mesin untuk dioptimalkan,” sambungnya.

Menurut Zacky, untuk bisa mempertahankan juara, tentu tidak mudah. Banyak kendala yang harus dihadapi, terutama manajemen waktu. Sebab, anggota Semeru Team ini juga masih ada kewajiban kuliah. Mereka pun harus rela lembur untuk menyelesaikan manufaktur kendaraan.

“Tentu saja ada beberapa kendala saat melakukan persiapan tersebut, terutama dalam hal manajemen waktu. Karena anggota Semeru Team ini juga masih ada kewajiban untuk kuliah, maka sering terjadi lembur untuk proses manufaktur yang memang membutuhkan banyak waktu karena banyaknya penyesuaian kendaraan yang harus dilakukan,” urainya.

Semeru Team terdiri dari 30 mahasiswa, berasal dari Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UM, di bawah bimbingan Prof. Dr. Sukarni, ST, MT, dan Avita Ayu Permanasari, ST, MT. Pada perlombaan kali ini, Semeru Team mengikuti 2 kategori, (Prototipe) Mesin Pembakaran dalam Etanol dengan Mobil Kumbolo Evo-3 dan (Urban Concept) Mesin Pembakaran dalam Etanol dengan Mobil Akasa Evo-2.

Dari kedua kategori tersebut, Mobil Kumbolo Evo-3 berhasil menyabet juara. Semeru Team pasang target, kembali meraih juara yang telah dipertahankan dari tahun ke tahun. Sejak 2016, Semeru Team konsisten meraih juara pada KMHE ini. Untuk tahun ini, Semeru Team dapat meneruskan perjuangan pendahulunya. (div/mat)