25 April 2024

`

Rekrut 1.108 Penyandang Disabilitas, Alfamart Dapat Penghargaan

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) meraih penghargaan sebagai perusahaan peduli disabiltas. Penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  kepada Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, M. Faruq Asrori, saat peringatan Hari Disabilitas International (HDI) di Cemara Ballroom, Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang, Kamis (08/12/2022).

 

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, Masrukun, pendiri rumah Quran Sahabat Tuli, Kediri, dan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) meraih penghargaan karena peduli kepada disabiltas, saat peringatan Hari Disabilitas International (HDI) di Cemara Ballroom, Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang, Kamis (08/12/2022).

 

“EQUAL treatment harus dilakukan. Yaitu, memberikan ruang dan kesempatan serta peluang yang sama (bagi penyandang disabilitas) harus kita lakukan. Maka, kami mengapresiasi apa yang telah dilakukan Alfamart,” terang Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Dirinya mengapresiasi langkah Alfamart agar ditiru institusi lainnya. Selain itu, dapat menjadi referensi bagi institusi lainnya.

Sementara itu, M. Faruq Asrori, menjelaskan, Alfamart ingin melaksanakan amanah UU No. 8 tahun 2016 tentang penyandang disbilitas dengan cara memberikan kesempatan menjadi karyawan. “Mereka diberi nama alfability (alfa-ability). Artinya tidak menonjolkan dari segi disabilitasnya. Tapi abilitynya (kemampuannya). Mereka juga telah lolos  tahapan seleksi perusahaan untuk menjadi karyawan,” terangnya.

Sampai akhir Oktober 2022, tambah Faruq, sebanyak 1.108 penyandang disabilitas telah bekerja di Alfamart dan Alfamidi secara nasional. Sementara untuk di cabang Malang, ada 33 karyawan disabilitas. Mereka bekerja di toko, gudang, hingga kantor cabang. “Ke depan, manajemen akan berupaya memenuhi target minimal 1 persen karyawan disabilitas. Terima kasih kepada Pemprov Jatim dan Pemda se Malang Raya. Karena telah mengapresiasi lewat penghargaan di hari disabilitas internasional ini,” lanjutnya.

Selain Alfamart, penghargaan serupa juga diterima Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto. Ia telah merekrut 4 disabilitas menjadi staf. Selain itu juga kepada Masrukun, pendiri rumah Quran Sahabat Tuli, Kediri. (aji/mat)