26 Juni 2024

`

Ratusan Personel Polresta Malang Kota Jadi Polisi RW

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Ratusan personel Polresta Malang Kota mengemban tugas sebagai Polisi RW. Tugasnya,  membantu menjaga kamtibmas di RW. Namun mereka tidak berarti menggantikan peran Bhabinkamtibmas yang sudah ada, namun untuk memperkuat peran Bhabinkamtibmas.

 

Ratusan personel Polresta Malang Kota mengemban tugas sebagai Polisi RW. Tugasnya,  membantu menjaga kamtibmas di RW. Namun mereka tidak berarti menggantikan peran Bhabinkamtibmas yang sudah ada, namun untuk memperkuat peran Bhabinkamtibmas. Tampak apel gelar Polisi RW, di Mapolresta Malang Kota, Jawa Timur, Senin (22/05/2023) pagi.

 

TUGASNYA kurang lebih sama. Kalau Bhabinkamtibmas bertugas di tingkat kelurahan. Sedangkan untuk Polisi RW, lebih menyasar ke tingkat terbawah. Yakni diperbantukan di setiap RW,” terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Budi Hermanto, saat apel gelar Polisi RW, di Mapolresta Malang Kota, Jawa Timur, Senin (22/05/2023) pagi.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Budi Hermanto, menyematkan tanda di pundak Polwan saat apel gelar Polisi RW, di Mapolresta Malang Kota, Jawa Timur, Senin (22/05/2023) pagi.

Budi menambahkan, salah satu tugas utama Polisi RW adalah mendeteksi dini terhadap persoalan atau permasalahan kamtibmas di wilayahnya masing-masing. “Tugas Polisi RW adalah  mendata atau menginventarisir apa saja persoalan yang ada di wilayah binaannya. Kemudian Polisi RW harus mendengarkan persoalan warganya, termasuk mencarikan solusi.  Kalau bisa tanpa harus ke ranah hukum,” tuturnya.

Lebih lanjut Kombes Budi menerangkan, pihaknya akan menggandeng akademisi serta tokoh masyarakat untuk mengevaluasi tugas dan kinerja Polisi RW. “Diharapkan, masing-masing Polisi RW dapat menjadi problem solving bagi lingkungannya, demi terciptanya kamtibmas yang aman dan kondusif, sesuai slogan Polresta Malang Kota ada Polisi Ada Solusi,” jelasnya. (aji/mat)