26 Juni 2024

`

Ratusan Disabilitas, Dapat Bantuan dari Kemensos

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Komisi X DPR RI bersama Ketua DPRD Kota Malang menyerahkan bantuan sosial kementerian sosial kepada ratusan penyandang Disabilitas, di gedung DPRD Kota Malang, Kamis 23 November 2023.

 

Pelaksanaan pemberian bantuan dari Kemensos untuk Disabilitas.

 

BANTUAN yang diberikan, disesuai dengan kebutuhan para Disabilitas. Mulai dari sembako, kursi roda, nutrisi, bantuan usaha mikro, usaha elektronik, alat pendengaran dan lainya. Dengan jumlah total senilai Rp.183 juta. Hal itu sebagai bukti kehadiran pemerintah, kepada masyarakat

Bantuan dari Kemensos untuk Disabilitas.

“Saya ke sini, atas undangan Kemensos RI dan ketua DPRD Kota Malang. Untuk menyerahkan bantuan sosial dari Kemensos. Kepada rakyat Malang Raya. Termasuk disabilitas, yang saya wakili sebagai anggota DPR RI,” terang Dr Ahmad Basarah didampingi ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika bersama perwakilan dari Kementerian sosial, Kamis 23 November 2023.

Dalam kesempatan itu, bantuan diberikan kepada sekitar 168 orang. Jumlah itu, adalah angka sementara dari total sekitar 500 orang yang diajukan. Nantinya, akan terus dilanjutkan kepada para calon penerima lainya.

“Harus disssement dulu, disesuaikan dengan sesuai kebutuhan. Ini salah satu yang kami aspirasikan kepada kemensos. Termasuk, bantuan alat untuk sarana usaha,” lanjut Basarah.

Tentu saja, tambahnya, berkat kerjasama yang baik. Antara anggota DPR RI, DPRD Kota Malang dan Kemensos. Sehingga, bisa dilakukan pendataan masyarakat Malang Raya. Khususnya, yang membutuhkan bantuan dan mendukung efektifitasnya.

“Tidak membutuhkan waktu lama, usulan kami direalisasikan. Sebagiannya, adalah seperti hari ini. Terimakasih Kemensos, respons cepat untuk membantu masyakat,” pungkasnya.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menjelaskan, penyerahan bantuan sosial kementerian sosial, dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan kerja anggota komisi X DPR RI.

“Sebelumnya, dilakukan pendataan. Termasuk apa kebutuhan disabilitas. Dikomunikasikan, dengan kementerian sosial. Semoga setiap bantuan, bisa sampai ke disabilitas. Karena itu, tetaplah
sabar, tegar dalam menerima kondisi,” terangnya

Sementara itu Tutik Nuning menyebutkan, salah satu tugas Kemensos adakah memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Dengan memberikan bantuan, disitulah pemerintah hadir. Kami tentu berharap, masyarakat bisa lebih survive dapat lebih mandiri. Untuk saat ini, yang direalisasikan 168. Untuk selanjutnya, masih diasessment kembali untuk tindaklanjut berikutnya,” katanya. (aji)