20 Juli 2024

`

Puluhan Mahasiswa dan Dosen Malaysia Studi Banding ke UM

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 62 mahasiswa dan dosen Fakultas Sains Sukan dan Rekreasi Universiti Tekonologi MARA (FSSR UiTM), Malaysia, berkunjung ke Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIKUM), Jawa Timur, Selasa (17/01/2023) siang.

 

Mahasiswa dan dosen Fakultas Sains Sukan dan Rekreasi Universiti Tekonologi MARA (FSSR UiTM), Malaysia, kunjungi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIKUM), Jawa Timur, Selasa (17/01/2023) siang.

 

Mahasiswa dan dosen Fakultas Sains Sukan dan Rekreasi Universiti Tekonologi MARA (FSSR UiTM), Malaysia, kunjungi Museum Pembelajaran di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIKUM), Jawa Timur, Selasa (17/01/2023) siang.

MEREKA disambut Wakil Rektor Bidang IV, Prof. Ir.Arif Nur Afandi, ST, MT, MIAEng, MIEEE, Ph.D. “Ini adalah langkah pertama internasionalisasi kampus Universitas Negeri Malang di tahun 2023 yang diprakarsai Fakultas Ilmu Keolahragaan. Semoga sinergitas ini juga berkolaboasi di bidang penelitian dan pengembangan perguruan tinggi,” katanya.

Salah satu wakil delegasi FSSR UiTM, Associate, Prof. Dr. Rezian-Na Muhammed Kassim, yang akrab disapa Dr. Rezian, sangat senang dengan sambutan yang diberikan FIKUM. “Kami tidak mau melewatkan kesempatan ini. Ini kesempatan yang baik untuk belajar dari UM,” ujarnya.

Dr. Rezian  juga berseloroh ingin menikmati bakso, kuliner khas Kota Malang yang terkenal dengan kelezatannya.

Mahasiswa dan dosen Fakultas Sains Sukan dan Rekreasi Universiti Tekonologi MARA (FSSR UiTM), Malaysia, kunjungi Museum Pembelajaran di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIKUM), Jawa Timur, Selasa (17/01/2023) siang.

Usai disambut jajaran pimpinan, para delegasi mengawali kegiatan dengan kunjungan ke Museum Edukasi UM, dilanjutkan  tour keliling kampus 1 UM, serta melihat berbagai fasilitas di UM, khususnya fasilitas olahraga.

Selama sepekan ke depan, para delegasi akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti kuliah tamu, pertandingan olahraga tradisional, bakti sosial, pertukaran budaya, dan kunjungan ke tempat-tempat wisata olahraga di Malang Raya dan Gunung Bromo.

Kegiatan yang melibatkan para dosen dan mahasiswa FIKUM ini bertujuan untuk mendorong semangat internasionalisasi perguruan tinggi yang senada dengan Nawacita dan Visi Indonesia. “Melalui kegiatan ini, diharapkan akan semakin erat kerjasama yang telah terjalin antara UM dan UiTM, baik di bidang pendidikan, penelitian, dan bidang lainnya,” kata Arif.

Dia menambahkan, saat ini tuntutan pasar akan tenaga kerja yang mampu bersaing secara global dengan kualifikasi internasional semakin tinggi. Karena itu, institusi pendidikan berlomba-lomba menjadi institusi yang berkualitas dan memberikan akses global terhadap para civitas akademik. (div/mat)