13 April 2024

`

Polisi Amankan 1.620 Botol Miras

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Samapta Polresta Malang Kota mengamankan ribuan botol miras jenis arak Bali, di kawanan Jl. Sarangan, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (25/09/2021). Polisi juga mengamankan satu unit mobil Colt L 300  dengan muatan penuh 50 dus miras.

 

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto bersama para PJU merilis miras yang berhasil diamankan.

 

SAAT diamankan, mobil dalam keadaan berhenti di pinggir jalan. Diduga menunggu pemesan. “Sebelumnya, kami mendapatkan informasi dari masyarakat. Selanjutnya kami menindaklanjuti dan mengamankan barang bukti,” terang Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, Senin (27/09/2021).

Dari kejadian itu, akhirnya kepolisian menggiring barang bukti tersebut ke Mako Polresta Malang Kota. Selanjutnya melakukan pemeriksaan kepada sopir dan kenek yang membawa miras tersebut. Mereka mengaku mendapatkan upah Rp 1 juta dari yang menyuruh membawa ke Malang.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto bersama para PJU memberikan keterangan pers terkait ungkap kasus miras.

“Mereka mengaku hanya membawa barang tersebut ke Malang,  karena mendapatkan angkutan balen (kembalian). Ngakunya tidak tahu siapa yang menyuruh, siapa yang dituju. Yang penting ke salah satu lokasi di Malang. Sebelumnya mereka memang mengirim tanaman bonsai dari Jawa ke Bali,” tambah Kasat Samapta Kompol Syabain, saat ditemui.

Lebih lanjut ia menjelaskan,  pada kesempatan sebelumnya, Senin (06 09/2021), timnya juga mengamankan barang yang sama di expedisi PT Restu Mulya, Jl Dr Cipto, Klojen. Barang tersebut berada di dalam bagasi bus dan berada di dalam mobil box. Jumlah yang ditemukan di kantor expedisi tersebut belum termasuk yang ditemukan di Jl. Sarangan. “Setelah dilakukan pemeriksaan, jumlahnya 1.620 botol. Perbotol berisi 600 ml,” terangnya.

Terkait kejadian itu, para tersangka akan dijerat Perda no 5 tahun 2006 tentang miras ilegal dengan ancaman tegas dan kurungan. (aji/mat)