25 April 2024

`

Pilkada Jawa Timur, Khofifah – Emil Dardak Menang

2 min read
Khofifah nyoblos ditps 16 bersama keluarga. (ist)

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Hasil sementara hitung cepat (quick count) semua lembaga survey, menunjukkan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak unggul di Pilkada Jawa Timur.

 

Emil Dardak dan Arumi Bachsin Nyoblos di TPS 5 Ngantru Trenggalek. (ist)

DIKUTIP dari Kompas.com, pada pukul 13.31 WIB, pasangan Khofifah dan Emil meraih 87,39 persen. Pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno memperoleh 12,61 persen suara.

Litbang Kompas mengambil 400 sampel TPS dengan metode pemilih sampel stratified sistematic sampling yang tersebar di seluruh daerah. Adapun simpangan kesalahan (margin of error) 1 persen.

Gus Ipul Nyoblos di TPS 03 Gayungan, Surabaya. (ist)

Artinya, hasil survei bisa bertambah atau berkurang sekitar 1 persen. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 99 persen. Angka ini bukan hasil penghitungan resmi. KPU akan melakukan rekapitulasi hasil suara hingga 9 Juli 2018.

Hasil hampir sama juga dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.  Dikutip dari Liputan6.com, Lembaga ini  merilis hasil hitung cepat  pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elistyanto Dardak unggul dibanding kompetitornya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno.

Puti Guntur Soekarno dampingi Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini saat nyoblos. (ist)

Dalam hasil quick count Pilkada Jatim 2018, pasangan yang diusung Demokrat, Partai Golkar, NasDem, PPP, dan Hanura, meraih suara 54,29 persen. Sedangkan pesaingnya Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno yang diusung PDI Perjuangan memperoleh suara 45.71 persen.

Dilansir dari Kompas.com, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak memenangkan Pilkada Jawa Timur 2018 berdasarkan versi hitung cepat Indikator Politik Indonesia. Pasangan yang didukung Partai Demokrat, Partai Nasdem, PAN, Partai Hanura, Partai Golkar, PPP itu mayoritas unggul di wilayah Jatim, antara lain Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kota Kediri, Jombang, Lamongan, Kota Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten/Kota Probolinggo.

Khofifah-Emil juga unggul di Jember, Pamekasan, Sumenep, Sampang, Gresik, Bondowoso, Kabupaten/Kota Madiun, Nganjuk. “Dulu Khofifah unggul di semua Madura, sekarang tinggal di Pamekasan dan Sumenep. Dulu basis Khofifah di Madura,” ujar Direktur Riset Indikator Politik Indonesia, Adam Kamil di kantornya, Jakarta, Rabu (27/06/2018).

Berdasarkan data quick count Indikator Politik Indonesia yang masuk sebesar 100,00 persen, Khofidah-Emil pun memperoleh suara 53,63 persen. Sementara pasangan Gus Ipul-Puti memperoleh suara 46,37 persen.

Indikator Politik Indonesia mengambil 300 sampel TPS. Adapun margin of error kurang lebih 1,32 persen, dengan partisipasi pemilih sebesar 62,05 persen. “Selisihnya sekitar 7 persen. Dengan selisih ini berdasarkan hasil quick count Khofidah-Emil unggul di Pilkada Jatim,” kata Adam.  (mat/*)