13 April 2024

`

Pesan Kapolresta: Wartawan Harus Punya Skill, Knowledge dan Attitude

3 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Kapolresta Malang Kota, Jawa Timur, Kombes Pol Budi Hermanto, menekankan skill, knowledge, dan attitude merupakan tiga hal yang tidak bisa dipisahkan dari seorang wartawan. Karena itu tiga hal ini menjadikan komponen penting dalam Uji Kompetensi Wartawan (UWK) angkatan ke-51 yang diselenggarakan PWI Malang Raya.

 

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Budi Hermanto menjadi narasumber saat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-51 di Kampus C IKIP Budi Utomo (IBU) Jl. Citandui 46, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (21 Juli 2023).

 

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Budi Hermanto mengalungkan tanda peserta UKW kepada salah seorang wartawan yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-51 di Kampus C IKIP Budi Utomo (IBU) Jl. Citandui 46, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat – Minggu (21 – 23 Juli 2023).

HAL INI disampaikannya saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-51 di Kampus C IKIP Budi Utomo (IBU) Jl. Citandui 46, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (21/07/2023) siang yang diikuti 35 wartawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Dia menjelaskan, selama dinas di Kota Malang, telah 4 kali menghadiri dan membuka UKW. Menurutnya, skill, knowledge, dan attitude merupakan tiga hal yang tidak bisa dipisahkan. “Ketiga hal itu tidak bisa dipisahkan. Dan hal itulah yang menjadikan komponen penting dalam UWK angkatan ke-51,” tegasnya.

Selain itu, kata dia, Polresta Malang Kota menyambut baik kegiatan UWK, karena para jurnalis di Kota Malang selalu membantu informasi secara cepat dan akurat. Karena itu Polresta Malang Kota selalu membuka diri kepada PWI untuk membantu mengasah kemampuan, terutama dalam UKW.

“Kami berharap pelaksanaan UKW angkatan ke-51 berjalan lancar dan bermanfaat. “Tidak cukuplah menjadi hebat, tetapi yang terpenting adalah manfaatnya. Karena UKW merupakan wujud komitmen organisasi untuk terus meningkatkan kualitas jurnalis. Pentingnya memiliki wartawan berkualitas dan profesional dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” pesannya.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Budi Hermanto bersama sejumlah undangan dan pengurus PWI Malang Raya dan Jawa Timur, saat pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-51 di Kampus C IKIP Budi Utomo (IBU) Jl. Citandui 46, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (21 Juli 2023).

Sebanyak 35 wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-51 di Kampus C IKIP Budi Utomo (IBU) Jl. Citandui 46, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat – Minggu (21 – 23 Juli 2023).

UKW yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya ini, dibuka Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, Jumat (21/07/2023) siang. “UKW angkatan ke-51 ini diikuti 35 wartawan. Mereka menyebar di 6 kelas, untuk tiga jenjang. Terdiri dari jenjang muda empat kelas, madya satu kelas, dan jenjang utama satu kelas,” terang Ketua PWI Malang Raya, Cahyono.

Ia menambahkan, UKW dilakukan untuk menjadikan wartawan seorang jurnalis yang profesional. “Dengan adanya sertifikasi dari PWI, diharapkan wartawan akan semakin diakui keahliannya, dan berkontribusi positif bagi profesi jurnalis. UKW ini merupakan yang kesembilan kalinya. Insya Allah, Desember 2023 mendatang kami gelar lagi untuk menggenapi 10 angkatan,” katanya.

Selain itu Cahyono berharap, para peserta dapat memaksimalkan kesempatan ini agar semua peserta UKW bisa dinyatakan lulus dan dinyatakan sebagai wartawan yang kompeten.

“PWI Malang Raya memiliki misi untuk membekali kompetensi kepada seluruh wartawan, baik yang ada di Malang Raya, Jawa Timur, bahkan nasional melalui UKW secara gratis. Kelulusan UKW ini sebagai tiket untuk bergabung menjadi anggota PWI,” jelasnya.

Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, mengatakan, banyaknya pihak yang terlibat dalam terselenggaranya UKW ini merupakan bukti bahwa seluruh stakeholder yang ada di Kota Malang mendukung profesi wartawan sebagai garda terdepan dalam memberikan support kepada masyarakat.

“Ini jadi bukti ada support dari pemerintah. Kita lihat PWI terus melakukan standarisasi. Mengapa? Karena banyak oknum yang mungkin kurang bertanggung jawab. Di Malang setidaknya sudah ada 235 jurnalis yang tersertifikasi (UKW),” tegasnya.

Tampak hadir dalam pembukaan UKW tersebut, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Asisten II Setda Kabupaten Malang, Dr. Wahyu Kurniati, Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, Pasi Intel Korem 083/Baladhika Jaya, Letkol Ronny, Danramil Blimbing, Kapten Sumaryono, Rektor IBU, dan sejumlah undangan lainnya. (aji/mat)