18 Mei 2024

`

Percepat Transformasi Digital, Kominfo Hadir Sapa Desa di Tajinan

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang, Jawa Timur,  akan melaksanakan Kominfo Hadir Sapa Desa (Kohar Sapa Desa) di Balai Desa Tajinan, Kecamatan Tajinan, Kamis (09/03/2023) pagi. Inovasi untuk mempercepat transformasi digital bagi desa ini yang akan dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Dr. Ricky Meinardhy, ST, MT.

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika,  Dr. Ricky Meinardhy, ST, MT.

MELALUI rilis yang diterima redaksi tabloidjawatimur.com,  Rabu (08/03/2023) siang, Johan Dwijo Saputro, Kepala Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang, menjelaskan latar belakang digelarnya  Kominfo Hadir Sapa Desa ini.

Dia menjelaskan, kesenjangan pembangunan merupakan hal yang sampai saat ini masih ada di Indonesia pada umumnya. Kesenjangan tersebut terjadi antar wilayah,  antar kota dan desa. Kesenjangan antar kota dan desa juga dalam hal pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Menyadari bahwa Kabupaten Malang memiliki 33 kecamatan yang terbagi menjadi 378 desa/12 kelurahan dengan kondisi geografi, demografi,  dan sosiokultur yang beragam, maka pemanfaatan TIK merupakan salah satu solusi sebagai tools untuk mengakselerasi pembangunan di Kabupaten Malang,” jelasnya.

Selain itu,  masih kata Johan, niat baik untuk membangun Kabupaten Malang dari desa,  khususnya dalam meraih cita-cita pen-digitalisasi-an desa melalui desa digital sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pedoman Desa/Kelurahan Digital, diperlukan percepatan langkah yang sistematis, terencana,  dan terukur dalam mewujudkan digitalisasi desa.

“Oleh karenanya  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan Kominfo Hadir Sapa Desa (Kohar Sapa Desa) yang merupakan inovasi untuk mempercepat transformasi digital bagi desa. Dalam kegiatan ini Diskominfo Kabupaten Malang akan melaksanakan mini asistensi bagi desa dengan melibatkan seluruh bidang yang akan memberikan pembinaan langsung terkait literasi digital, pemanfaatan media komunikasi, branding, aplikasi, statistik sektoral dan PPID,  serta jaringan internet desa,” jells Johan.

Kegiatan perdana ini akan dilaksanakan di Balai Desa Tajinan,  Kecamatan Tajinan, Kamis (09/03/2023) dan  akan dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika,  Dr. Ricky Meinardhy, ST, MT.  Pesertanya adalah seluruh kepala desa di wilayah Kecamatan Tajinan, perangkat Desa Tajinan, KIM (Kelompok Informasi Masyarakat), tokoh-tokoh masyarakat,  dan seluruh stakeholder Desa Tajinan.

“Harapan dan optimisme selalu ada untuk meraih masa depan desa yang lebih gemilang, pelayanan desa yang efektif dan efisien,  serta penyelenggaraan pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel. Dengan kegiatan ini diharapkan akan dapat mengadirkan peran Pemerintah Kabupaten Malang melalui Diskominfo bagi akselerasi kemajuan desa. Selain itu pula agar program atau kegiatan dinas dan Pemerintah Kabupaten Malang dapat membawa dampak bagi pembangunan masyarakat menuju kemakmuran Kabupaten Malang,” harapnya. (bri/mat)