16 Juni 2024

`

Penghuni Terlelap Tidur, Tempat Tinggal Terbakar

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebuah bangunan semi permanen yang dihuni Iwan (35), di Jl. Bareng Tenes 4 B RT 7 / RW 2 Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, ludes dilalap jago merah, Rabu (08/06/2022) siang hari.

 

Beginilah kondisi angunan semi permanen yang dihuni Iwan (35), di Jl. Bareng Tenes 4 B RT 7 / RW 2 Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, yang ludes dilalap jago merah, Rabu (08/06/2022) siang hari.

 

DEWI (34), warga di sekitar lokasi kebakaran menerangkan, kebakaran ini membuat warga sekitar panik dan berusaha memadamkan api.  “Tidak ada warga yang tahu kejadian tersebut. Baru diketahui setelah ada anak kecil tak sengaja lewat dan teriak-teriak ada kebakaran,” terangnya.

Dewi  menjelaskan, kebakaran awalnya hanya kepulan asap tebal. Kemudian berubah menjadi api yang berkobar. “Bangunan semi permanen itu dihuni seorang pemuda yang bernama Iwan. Hanya tinggal seorang diri. Ayah ibunya sudah meninggal dunia. Sedangkan saudara-saudaranya tinggal di wilayah lain,” lanjutnya.

Api yang membesar semakin membuat panik warga. Pasalnya listrik di wilayah lokasi kebakaran telah padam sejak pagi hari. “Sehingga ketika mau menyalakan pompa air enggak bisa, karena listriknya padam sejak pagi tadi. Akhirnya warga mengambil air dari sumur,” pungkasnya.

Saat kebakaran, Iwan masih berada di dalam rumah dan sedang tertidur. Kemudian  langsung ditarik keluar oleh warga. Diduga kebakaran akibat puntung rokok. Pasalnya, penghuni sering merokok dan membuang puntung rokok sembarangan. Selain itu  penghuni kategori Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sementara itu, Kepala UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang, Teguh Budi Wibowo,  mengungkapkan, pihaknya menurunkan 3 unit mobil pemadam dan 15 personel. “Dari laporan yang kami terima, warga di sekitar lokasi sudah mencoba menangani secara mandiri. Namun api tak kunjung padam sehingga warga menelepon kami,” jelasnya.

Ia mengaku, tidak ada kendala dalam proses pemadaman. Luas area yang terbakar sekitar 18 meter persegi. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini. Hanya kerugian materi yang diperkirakan lebih kurang Rp 30 juta.  (aji/mat)