13 April 2024

`

Pencanangan ZI, Filkom UB Tegaskan Komitmen Wujudkan Zona Integritas

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Fakultas ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB) menjadi unit kerja ke 10 yang mencanangkan Zona Integritas (ZI) di kampus, Jumat 06 Oktober 2023.

Prosesi pencanangan Zona Integritas di Filkom UB.
TENTUNYA, hal tersebut menjadi catatan kemajuan terhadap, pembangunan Zona Integritas di lingkungan Universitas Brawijaya.
Dr. Ngesti Dwi Prasetya, S.H., M.Hum, Kepala Divisi Hukum Satuan Reformasi Birokrasi menyampaikan materinya tentang ‘Sosialisasi Reformasi Birokrasi Zona Intergritas, dan Penandatanganan Pakta Integritas di Filkom.
Menurutnya, dengan adanya pembangunan Zona Integritas, diharapkan ada area perubahan yang memang harus dikerjakan. Tidak hanya melengkapi lembar kerja evaluasi saja, tetapi juga dimaksudkan untuk melakukan proses perubahan secara nyata,  di unit kerja Universitas Brawijaya.
“Saya kira dengan proses pencanangan ini, tentu akan lebih mudah. Karena komitmen pimpinan itu menjadi salah satu pintu masuk. Terhadap proses-proses pembangunan zona integritas yang ada di Filkom”, terangnya.
Ia menambahlan, saat ini di setiap unit kerja telah ditunjuk tiga komponen utama. Yang telah hadir dalam kaitan reformasi birokrasi. Mulai adanya Tim Zona Integritas (ZI), Tim Penanganan Pengaduan dan Pengendalian Gratifikasi (TP3G), dan penunjukan Agen Perubahan.
“Jadi, Tim ZI adalah panglima perubahannya di Fakultas. Sehingga, bagaimana melakukan pola perubahan di area manajemen, penatalaksanaan, sumber daya manusia, akuntabilitas, pengawasan dan pelayanan publik. Ada enam area perubahan yang menjadi satu landasan. Indikator-indikator reformasi birokrasi, bisa dilasanakan,” lanjut Ngesti
Sementara itu, Dekan Filkom Prof. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D, menyampaikan, bahwa Filkom berkomitmen melakukan reformasi berokrasi.
“Hari ini kita kukuhkan, bahwa Filkom UB berkomitmen melakukan reformasi berokrasi. Dimana Reformasi Birokrasi itu ada 8 (delapan), mulai dari organisasi, akuntabilitas dan lainya,” terangnya.
Pencanangan ZI, juga sebuah penegasan, bahwa Filkom dari dulu sudah berkomitmen untuk mewujudkan zona integritas.
Agus Wahyu Widodo, S.T., M.Cs. Wakil Dekan Bidang Umum, Keuangan dan Sumber Daya Filkom UB menjelaskan, di fakultasnya sudah dibentuk Tim Penanganan Pengaduan dan Pengendalian Gratifikasi (TP3G).
Tim bertugas, memprioritaskan pelayanan kepada mahasiswa dan juga stakehgolder. Dengan harapan, terwujudnya layanan cepat, murah, benar dan berkualitas. (aji)