19 Juni 2024

`

Pelaku Seni Budaya di Malang Dukung Muhaimin Jadi Capres

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah pelaku seni budaya di Malang Raya, mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar menjadi bakal calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di Area Taman Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (02/06/2023). 

 

Salah satu penampilan seni reog saat deklarasi dukungan untuk Gus Muhaimin di Area Taman Merjosari, Kota Malang, Jawa Timur.

 

DEKLARASI dukungan yang dirangkai dengan pertunjukan seni reog dan karawitan ini disambut antusias masyarakat. “Dukungan kepada Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini murni inisiatif sendiri,” kata perwakilan Komunitas Pelaku Seni Budaya Malang Raya, Trio Sukamto, di sela-sela kegiatan.

Deklarasi dukungan Gus Muhaimin menjadi bakal calon presiden (capres) tahun 2024 oleh pelaku seni dan budaya di Malang Raya.

Trio Sukamto menjelaskan, seni dan budaya Indonesia menjadi kekuatan yang harus dilestarikan bersama-sama. “Budaya adalah identitas kita sebagai warga yang lahir di tengah budaya. Jangan sampai identitas bangsa dianaktirikan di bumi nusantara ini. Salah satu tokoh dan pemimpin visioner yang peduli kepada nasib kebudayaan nusantara ya Gus Muhaimin Iskandar,” jelasnya.

Dalang wayang kulit ini menambahkan, Gus Imin dinilai sangat peduli dengan seni dan budaya sejak beberapa tahun lalu. Karena itu dia mantap memberikan pilihan kepada Muhaimin Iskandar untuk Pilpres 2024. “Jangan berpikiran buruk dulu untuk pertunjukan ini. Karena dengan adanya dukungan dari beberapa pihak, tentu suatu paguyuban akan tetap dilestarikan,” tegasnya.

Trio percaya dengan kepedulian Gus Imin terhadap budaya yang mampu membangun negara ini dengan baik. Karena itu, mewakili komunitas pelaku seni dan budaya se Malang Raya, Trio berharap Muhaimin Iskandar bisa maju menjadi Capres 2024. “Saya berharap beliau capres. Kalau pun nanti dia akhirnya jadi cawapres Pak Prabowo (Subianto), saya tetap mendukung. Karena keduanya sama-sama pecinta budaya,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pegiat seni budaya se-Malang Raya yang terdiri dari pegiat seni reog, karawitan/gamelan, bantengan, dalang, seni tari, jaranan, dan komunitas sinden melakukan deklarasi. (div/mat)