25 April 2024

`

Pelajar SMP Raden Rahmat Surabaya Diajari Kebencanaan

1 min read

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Ada yang menarik dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang diselenggarakan SMP Raden Rahmat, di Jalan Karangrejo IX No. 1, Wonokromo, Surabaya. Pihak sekolah bersama Sekretariat Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) memberikan materi kesiapsiagaan menghadapi bencana, Selasa (18/07/2023) siang.

 

Koordinator Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur, Dian Harmuningsih, menyampaikan materi tentang kebencanaan kepada pelajar SMP Raden Rahmat, di Jalan Karangrejo IX No. 1, Wonokromo, Surabaya, Selasa (18/07/2023) siang.

 

MATERI diberikan oleh Koordinator Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur, Dian Harmuningsih. Para siswa diberikan pengetahuan umum terkait bencana, kerentanan, ancaman, dan potensi yang ada.

Dengan mengusung tema Edukasi Penanggulangan Bencana di Sekolah: Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Dasar, kegiatan ini dihadiri 60 siswa. Mereka sangat tertarik dan antusias mengikuti kegiatan ini. Apalagi materi kebencanaan masih sangat jarang diberikan kepada satuan pendidikan.

Dian Harmuningsih mengungkapkan, Jawa Timur memiliki 13 potensi bencana. Meski banyak ancaman bencana, namun siswa diharapkan bisa menjadi pelopor kesiapsiagaan bencana di keluarganya. “Mereka diharapkan sadar terhadap bencana, sehingga ilmu yang diberikan bisa ditularkan kepada lingkungan sekitarnya,” harapnya.

Dengan pemberian materi ini, lanjut Dian, siswa akan menjadi pribadi yang tangguh. Apalagi siswa di sekolah termasuk kelompok rentan, sehingga mereka perlu mendapat edukasi yang lebih tentang kebencanaan.

Sementara itu, Kepala SMP Raden Rahmat, Iwan Setiawan, berterima kasih atas kesediaan Koordinator SRPB Jatim hadir dalam mengedukasi siswa siswi sekolahnya. “Karena pengetahuan tentang bencana bagi siswa sekolah saat ini menjadi hal yang penting,” pungkasnya. (iko/mat)