25 April 2024

`

Operasi Patuh Semeru 2021 Sasar Pelanggar Prokes dan Lalu Lintas

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM- Dalam dua pekan ke depan, mulai 20 September – 3 Oktober 2021, Polisi akan menggelar Operasi Patuh Semeru 2021. Sasarannya, mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dan tertib lalu lintas.

 

Polisi menggelar apel gelar pasukan Operasi Patuh Semeru 2021 di Polresta Malang Kota.

 

WAKAPOLRESTA Malang Kota, AKBP Deny Hariyanto, menjelaskan, Operasi Patuh Semeru 2021 ini untuk mendisiplinkan masyarakat memenuhi protokol kesehatan. “Yang menjadi prioritas dalam operasi ini adalah kegiatan masyarakat yang berpotensi mengakibatkan kerumunan. Mengingat saat ini pandemi COVID-19 belum usai,” katanya saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2021, Senin (20/09/2021), di Mako Polresta Malang Kota.

Selain itu, masyarakat diminta tertib dan patuh berlalu lintas di jalan, sehingga bisa menekan pelanggaran yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Malang Kota, Kompol Supiyan menjelaskan, Operasi 2021 polanya sama dengan tahun 2020. Karena dalam masa yang sama, yakni pandemi COVID-19. “Ini lebih kepada pencegahan. Dilarang melakukan tindakan hukum. Kalaupun nantinya ada penegakan hukum, tidak masuk dalam laporan Operasi Patuh Semeru 2021,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah melakukan maping di Kota Malang agar bisa skala prioritas dalam melakukan edukasi protokol kesehatan. Untuk itu, dalam pelaksanaannya, ada tim gabungan dari Dishub, Satpol PP, Denpom V/ Malang. “Jika nantinya ada pelanggaran protokol kesehatan, tentunya yang punya domain penegakan hukum adalah Satpol PP,” terangnya. (aji/mat)