25 Februari 2024

`

Masyarakat Kepanjen Kirim Bantuan ke Lombok

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Gempa bumi berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok Utara, Nusa Tengara Barat, Minggu (05/08/2018) yang menimbulkan korban jiwa 347 orang, memantik kepedulian sosial di berbagai daerah, termasuk masyarakat Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pada  Kamis (09/08/2018) mereka mengirimkan bantuan sosial ke NTB.

 

 

Pengiriman bantuan untuk korban gempa bumi di Lombok, NTB oleh masyarakat Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

DIKOORDINIR Muspika Kepanjen, SAR Awangga dan Tagana Kepanjen, setelah tiga hari mengumpulkan bantuan kemanusian untuk korban gempa bumi di Lombok, bantuan dikirim menggunakan truk milik Dinas Sosial Kabupaten Malang yang diberangkatkan dari Kantor Kecamatan Kepanjen.

Kepada awak media, Camat Kepanjen Abai Saleh menjelaskan, jika dirupiahkan, total nilai bantuan yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 20 juta. “Kalau dirupiahkan nilainya kurang lebih segitu. Bantuan banyak yang berupa beras, susu, minyak goreng, pakaian serta barang lainnya yang sekiranya dibutuhkan di sana,” terangnya.

Camat Kepanjen, Kabupaten Malang, Abai Saleh.

“Ini adalah bentuk kepedulian masyarakat Kepanjen kepada saudara kita yang sedang mengalami musibah. Kami dari Muspika hanya memfasilitasi dengan menyediakan tempat untuk posko kemanusiaan di Kantor Kecamatan Kepanjen. Sedangkan penggalangan bantuan dilakukan oleh rekan-rekan dari RAPI, SAR Awangga dan Tagana Kepanjen,” jelas Abai.

Selain mengirimkan bantuan sosial berupa sembako, untuk membantu para korban gempa Lombok, diberangkatkan juga enam orang relawan kemanusiaan. Ke depan, Posko kemanusiaan yang berada di Kantor Kecamatan Kepanjen, akan tetap dibuka, untuk menerima donasi dari masyarakat Kepanjen.

“Kami tetap membuka Posko Kemanusiaan ini untuk menerima bantuan dari masyarakat Kepanjen yang ingin berbagi untuk membantu saudara kita di Lombok. Silahkan datang ke Kantor Kecamatan Kepanjen. Pada intinya, selama di sana masih memerlukan bantuan,  kami siap  membantu semaksimal kemampuan kami,” tegasnya.

Pemberangkatan bantuan kemanusiaan dari masyarakat Kepanjen dilepas langsung oleh Camat Kepanjen Abai Saleh, Kapolsek Kepanjen Kompol Bindrio serta Danramil Kepanjen Kapten  Arm Supiarto.

Rencananya,  sebelum dikirim ke Lombok, bantuan akan diampirkan ke Kantor Dinas Sosial Kabupaten Malang untuk selanjutnya dikirim ke NTB bersama bantuan lainnya yang telah terkumpul. (diy)