22 April 2024

`

Masih Banyak Sampah Dibuang di Drainase

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Kesadaran masyarakat Kota Malang, Jawa Timur, untuk menjaga kebersihan lingkungan, masih rendah. Buktinya, masih banyak yang membuang sampah di sembarang tempat, termasuk ke dalam drainase. 

 

Ini lo sampah plastik yang berhasil diangkat Satgas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang saat melakukan normalisasi saluran air di Jl. Bogor, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kamis dan Jumat (02 – 03/09/2021) lalu.

 

NYATANYA, saat Satgas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang melakukan normalisasi saluran air di  Jl. Bogor,  Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kamis dan Jumat (02 – 03/09/2021), banyak ditemukan berbagai jenis sampah mulai botol, plastik, kayu, bambu, dan lainnya yang sengaja dibuang.

Satgas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang melakukan normalisasi saluran air di Jl. Bogor, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kamis dan Jumat (02 – 03/09/2021) lalu.

Kondisinya diperparah dengan menumpuknya sedimen di saluran air, karena tidak pernah dibersihkan. Terpantau, sampah-sampah tersebut bercampur dengan sedimen,  memadat dengan sampah,  menumpuk dan  tersangkut pada saluran drainase,  sehingga menghambat aliran air.

“Kepudulian terhadap lingkungan sangat perlu. Kami minta, masyarakat jangan membuang sampah di saluran drainase. Buanglah sampah pada tempatnya. Jika dibuang pada saluran drainase atau sungai, bisa jadi masalah serius, seperti banjir, sumber penyakit, dan lainnya,”  kata slaah seorang petugas yang membersihkan sampah di drainase.

Petugas  berkacamata ini menambahkan, selain membersihkan sampah pada saluran drainase, tim SATGAS DPUPRPKP Kota Malang juga membersihkan lumpur yang membuat pendangkalan. Setelah dibersihkan, saluran drainase terlihat bersih dan aliran air lancar. (div/mat)