16 Juni 2024

`

Manggang Ayam, Rumah Warga Polowijen Nyaris Jadi Arang

1 min read
"Saya tahunya malah dari tetangga. Kemudian saya gebyur air. Yang terbakar beberapa sangkar kayu dan benda lainnya."

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebuah rumah di Jl. Polowijen, Gang 1, Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, nyaris ludes dilalap si jago merah, Sabtu (10/09/2022). Beruntung tim pemadam kebakaran (damkar) bersama warga sekitar cepat dan sigap memadanlan api, sehingga kebakaran tidak meluas di perkampungan padat tesebut.

 

Petugas damkar Kota Malang terpaksa naik ke atap rumah untuk memadamkan api yang membakar rumah Supatmi, Jl. Polowijen, Gang 1, Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

 

Petugas damkar Kota Malang memadamkan api yang membakar rumah Supatmi, Jl. Polowijen, Gang 1, Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

“AWALNYA membakar ayam di lantai 3. Kemudian dipadamkan menggunakan kasur agar segera mati,” terang Supatmi (43), pemilik rumah.

Setelah itu, lanjut Supatmi, tempat panggang ayam ditinggal ke dapur untuk membuat bumbu. Namun ternyata api tidak segera mati, malah menjalar dan membakar benda-benda di sekitarnya. “Saya tahunya malah dari tetangga. Kemudian saya gebyur air. Yang terbakar beberapa sangkar kayu dan benda lainya,” lanjutnya.

Sementara itu, penanggung jawab regu 3 damkar, Bambang Edi menjelaskan, pihaknya menurunkan 4 mobil damkar. “Tiba di lokasi, langsung melakukan pemadaman. Dengan menghambat api agar  tidak merembet dan mematikan sumber api,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam proses pemadaman, pihaknya menurunkan 3.500 liter air. Setelah api dipastikan padam, petugas melakukan pengecekan alat sebelum dikembalikan ke mobil. “Proses pemadaman diperkirakan 27 menit dengan 17 personil. Setelah semua dipastikan aman, “ katanya. (aji/mat)