25 April 2024

`

Mahasiswa Unisma Juara 1 Lebak Outdoor Festival Orienteering

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Shinta Margaretta, mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur, yang tergabung di UKM KAMAPALA Ranti Pager Aji, meraih Juara 1 kategori women U-21 di ajang Lebak Outdoor Festival Orienteering, 12 – 13 Agustus 2022, di Lebak, Banten.

 

Shinta menunjukkan piagam setelah berhasil menjadi Juara 1 di kejuaraan orienteering di Lebak Outdoor Festival Orienteering 2022.

USAI mengikuti even yang diadakan FONI (Federasi Orienteering Nasional Indonesia) tersebut, Shinta Margaretta, menjelaskan, tidak menyangka bisa mendapatkan juara 1 di Lebak Outdoor Festival Orienteering National Event Middle Range yang diselenggarakan di Rangkasbitung, Lebak, Banten,  Sabtu (13/08/2022).

“Seperti bermimpi, karena pesertanya terdiri dari atlet senior dan TNI. Total peserta 95 atlet nasional,  dari Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Palembang,” urainya.

Untuk panjang course yang dilalui Shinta, kategori W21 (katagori elit dengan peserta umum di atas umur 21),  sepanjang 4 kilometer, dihitung dari jarak lurus sasaran 1 sampai finish.  “Tetapi realita hasil jaraknya tergantung pemilihan jalur ketika lomba. Karena peserta bebas memilih jalur. Semakin efektif jalur yang dipilih akan semakin pendek dan cepat,” jelas Shinta Margaretta.

Sebelum mengikuti lomba tingkat nasional ini, mahasiswi S-2 FAI Unisma ini mengaku rutin melakukan latihan lari interval, simulasi orienteering di rumah dan di kampusnya.

“Kita berlatih rutin sebulan terakhir mempersiapkan event ini. Kita fokus juga di penguatan mental. Karena perlombaan yang digelar itu infonya berada di wilayah perkebunan sawit, maka ada tantangan yang menegangkan. Selain berlari menuju titik kontrol, saya harus berpikir dan memahami medan. Sebab, di perlombaan hanya dibekali peta dan kompas. Alhamdulillah, usaha yang selama kita lakukan akhirnya tidak mengkhianati hasil,” jelasnya.

Shinta Margaretta yang asli Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ini  berharap, raihan ini dapat menambah motivasi teman-temannya di UKM KAMAPALA Ranti Pager Aji Unisma.  (div/mat)