23 April 2024

`

Mahasiswa UMM Edukasi Anak-anak LPKA Blitar

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur,  menyambangi penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar, Jumat (10/06/2022).

 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, berdialog dengan penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar, Jumat (10/06/2022).

 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, berdialog dengan penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar, Jumat (10/06/2022).

MEMBAWA Mobil Bioskop Keliling (Bioling) dan Mobil Pintar, UMM menyediakan beragam buku yang bisa dibaca serta permainan seru. Selain itu juga memberikan hiburan dan edukasi terkait pengenalan bahasa serta kelas public speaking.

Selain itu memberikan donasi  buku agar anak-anak LPKA bisa menghabiskan waktu untuk membaca.

Kepala Seksi Pembinaan LPKA Blitar,  Andik Ariawan,  menyambut baik kunjungan edukatif ini.  Sebelumnya sudah banyak mahasiswa yang datang untuk mengabdi, membantu,  dan melakukan penelitian di LPKA.  “Ada juga   teman-teman Prodi Kesejahteraan Sosial hingga Prodi Psikologi. Jadi, hubungan LPKA dengan UMM memang sudah lama terjalin,” ungkapnya.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, mendonasikan buku kepada penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar, Jumat (10/06/2022).

Andik bercerita, ada beberapa anak didiknya  yang melanjutkan kuliah di UMM selepas menghabiskan waktu di LPKA. “Makanya kami himbau agar anak-anak tidak berkecil hati dan terus menggali potensi diri. Semua punya kesempatan yang sama. Jadi teman-teman harus semangat belajar untuk menggapai impian,” tegasnya.

Koordinator Kegiatan UMM, M. Isnaini, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta literasi. Di samping itu juga mendorong minat baca serta keingintahuan anak-anak LPKA. “Kami sengaja mengajak mahasiswa luar negeri untuk ikut agar anak-anak LPKA bisa bergaul dengan orang asing. Dengan begitu bisa saling mengakrabkan diri dan mengenal satu sama lain,” harapnya.

Menurut Isnaini, kegiatan ini bagian dari rangkaian panjang program UMM Berbagi untuk Negeri. Sebelumnya, UMM sudah mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Laki-laki, melangsungkan sederet acara di Lapas Perempuan Malang, membantu penghuni panti jompo, dan memberikan permainan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) beberapa waktu lalu. (div/mat)