23 April 2024

`

Mahasiswa UMM Bangunkan Kandang Ayam Untuk Lansia di Griya Asih

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), membantu para lansia dan anak-anak yang berada di Rumah Asuh Anak dan Lansia (RAAL) Griya Asih, Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

 

Rektor UMM, Fauzan, bersama Kepala RAAL Griya Asih Natalie Paula Poluan, dan mahasiswa PMM UMM berada di kandang ayam yang dibangunkan untuk para lansia.

 

PUNCAK kegiatan Senin (27/09/2021) dengan memberikan bantuan yang dihadiri Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd. “Kegiatan ini merupakan pilihan yang sangat mulia karena pada dasarnya manusia diciptakan untuk saling membantu. Saya sangat terenyuh ketika mengetahui teman-teman mahasiswa ternyata memilih sendiri untuk membantu di RAAL Griya Asih. Ini adalah bentuk pengorbanan yang mulia,” katanya.

Rektor UMM, Fauzan, bersama Kepala RAAL Griya Asih Natalie Paula Poluan, mengunjungi lahan yang dimanfaatkan oleh para mahasiswa PMM UMM.

Fauzan melanjutkan, membantu sesama tidak perlu melihat latar belakang. Pada dasarnya semua manusia ingin tetap dihargai dan dijunjung tinggi martabatnya. Maka sudah kodratnya bagi manusia untuk saling bahu- membahu dan membantu dalam kebaikan. “Ini adalah salah satu cara UMM untuk mewujudkan misi utamanya, yakni Dari Muhammadiyah untuk Bangsa. Tidak hanya terbatas pada agama saja,” tegasnya.

Sementara itu, Natalie Paula Poluan, Kepala Griya Asih berterimakasih atas sumbangsih UMM bagi Griya Asih serta kesediaan Rektor UMM hadir di tempatnya. Menurutnya, ini adalah hadiah yang luar biasa bagi para penghuni rumah asuh. “Tak lupa pula kami sangat mengapresiasi kontribusi dari mahasiswa-mahasiswa UMM yang membantu merawat para oma dan belajar bersama anak-anak kami,” ungkapnya.

Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, yang tergabung dalam program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), membangunkan kandang ayam untuk para lansia dan anak-anak yang berada di Rumah Asuh Anak dan Lansia (RAAL) Griya Asih, Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Natalie menjelaskan, para mahasiswa juga sempat membangun kandang ayam yang bisa dimanfaatkan di kemudian hari. Selain itu juga pemanfaatkan lahan untuk menanam sayur dan buah di lahan kosong. “Kami sangat bersyukur karena UMM membantu tanpa memandang golongan dan agama. Masih mau memperhatikan dan peduli terhadap sesama meskipun memiliki perbedaan. Semoga kegiatan-kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, tapi bisa berkelanjutan dalam bentuk program-program lainnya,” harap Natalie.

Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si, Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM mengatakan, program ini memang didesain secara berkelanjutan. Ada lebih dari 50 mahasiswa yang mendaftar untuk mengabdi pada program ini. Menariknya, mereka memilih sendiri untuk membantu RAAL Griya Asih yang berlokasi di Lawang tersebut.

“DPPM memang membuat skema khusus untuk program ini. Kami mengirim segelintir mahasiswa saja dalam sekali waktu namun akan terus berkelanjutan. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Natalie yang diperbolehkan untuk hadir dan menjadi tempat mahasiswa untuk melihat realita kehidupan sesungguhnya. Kami juga berharap sinergisitas antara UMM dan RAAL Griya Asih bisa terus terjaga dan berlanjut,” harapnya. (aji/mat)