22 April 2024

`

Mahasiswa UB Kediri Ajari Perempuan Tarokan Buat OLah Rosella

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) PSDKU Universitas Brawijaya (UB) Kediri bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, mengadakan pelatihan pengolahan rosella bagi Ibu-ibu PKK Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan,  Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (30/11/2022).

 

Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) PSDKU Universitas Brawijaya (UB) Kediri bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengolahan rosella bagi Ibu-ibu PKK Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (30/11/2022).

 

KETUA Pelaksana Pelatihan Rosella, Abdul Kafi, menjelaskan, rosella sebagai salah satu komoditas unggulan hasil pertanian Desa Tarokan selama ini hanya dijual dalam bentuk kering. Belum diproduksi dalam bentuk olahan. Padahal hasil olahan rosella dapat dijual dengan nilai yang lebih tinggi.

“Karena itu kami lakukan pelatihan. Pelatihan dimulai dengan demonstrasi dan pengarahan dari Bu Rinawati, produsen olahan rosella dari Desa Nitikan, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.  Produk olahan rosellanya sudah diekspor ke beberapa Negara,” katanya, belum lama ini.

Dalam kegiatan tersebut, peserta pelatihan dibagi menjadi empat kelompok. Alat dan bahan sudah disiapkan panitia. Produk olahan rosella yang dibuat dalam pelatihan tersebut antara lain sirup rosella, selai rosella, minuman rosella, dan permen rosella.

Abdul Kafi berharap kegiatan tersebut dapat memberdayakan Desa Tarokan agar bisa menciptakan produk-produk dari olahan rosella. “Semoga kedepannya pihak desa ini bisa menciptakan produk-produk dari olahan rosella,” kata mahasiswa Jurusan Peternakan UB Kediri ini.

Selain pelatihan olahan rosella, Tim PPK Ormawa UB kampus Kota Kediri juga telah memberikan solar dryer portabel kepada Gabungan Kelompok Tani Desa Taroka. Sebelumnya Tim PPK Ormawa juga mengadakan pelatihan pembuatan es krim mangga podang bersama ibu PKK Desa Tarokan.  (div/mat)