13 April 2024

`

Mahasiswa PMM Kelompok 29 Gelar Lomba Story Telling di Ampeldento

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 29 Gelombang 8, menggelar lomba story telling di Balai Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin – Selasa (12-13/02/2024), diikuti murid SDN Ampeldento 01, SDN Ampeldento 02, dan MI Miftahul Ulum.

 

“Foto bersama peserta pemenang lomba story telling juara 1 yaitu dari sekolah MI Miftahul Ulum”

 

“Potret salah satu peserta yang sedang tampil dalam lomba story telling yang berasal dari SDN Ampeldento 02”

SALAH seorang mahasiswa yang tergabung dalam kelompok ini, Azkia Khairunnafisa, melalui pers rilis yang dikirim ke redaksi tabloidjawatimur.com, Jumat (23/02/2024) siang, menjelaskan, lomba story telling ini bertema cerita bebas. “Dapat berupa cerita rakyat dan fabel yang memiliki pesan moral mengenai tata krama serta sopan santun,” katanya.

“Potret salah satu peserta yang sedang tampil dalam lomba story telling yang berasal dari MI Miftahul Ulum”

Dia menjelaskan, memiliki komunikasi yang baik, termasuk dalam berbicara di depan umum, menjadi hal yang penting di masa kini. “Oleh karena itu, diadakannya lomba story telling ini bertujuan untuk mendorong kepercayaan diri anak serta mengembangkan kemampuan dalam berpendapat,” jelasnya.

Selain itu, masih kata Azkia Khairunnafisa, lomba ini juga bermanfaat untuk memberikan pengajaran agar anak lebih memperhatikan tentang sopan santun dan tata krama.

“Melalui lomba ini diharapkan lomba story telling dapat mendukung murid dalam menunjukkan bakat mereka serta mendukung anak-anak untuk lebih berani dan percaya diri,” harapnya seraya menjelaskan PMM Kelompok 29 Gelombang 8 ini beranggotakan Syauqiyah Lathifah, Syahnaz Rayyan, Eka Deva, Azkia Khairunnafisa, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Hafid Adim Pradhana, MA.

“Pembukaan Acara Lomba Story Telling dibuka oleh anggota PMM kelompok 29 gelombang 8, Syahnaz Raiyan sebagai MC”

Dia juga menjelaskan, Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian (UMM). Berbagai kegiatan positif digelar untuk mengembangkan kemampuan murid SDN Ampeldento 02, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, dalam menyampaikan pendapat dan meningkatkan kepercayaan diri. Karena masih banyak anak yang takut dalam mengemukakan pendapat dan kurangnya kepercayaan diri untuk maju ke depan kelas.

“Dengan latar belakang inilah kami membuat berbagai program yang dapat membantu murid SDN Ampeldento 02 agar lebih percaya diri dan berani menyampaikan pendapat mereka,” jelas Azkia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Kelompok 29 mendesain berbagai program dengan bermacam-macam tema. Salah satunya, program Miracle Adventure in Your Imagination. “Program ini merupakan program unggulan PMM Kelompok 29. Program ini memuat lomba story telling yang bertema cerita bebas, dapat berupa cerita rakyat dan fabel yang memiliki pesan moral mengenai tata krama serta sopan santun,” katanya.

Menurut Azkia, lomba ini berjalan lancar tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Seperti Prof. Latipun, Ph. D, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM, Hafid Adim Pradhana, MA, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 29, Supardi, S. Pd, Kepala SDN Ampeldento 02, Suhariyanto, Kepala Desa Ampeldento, dan Agus sebagai pendamping. (bri/mat)