22 April 2024

`

Mahasiswa FTUB Tanam Mangrove dan Bersih-bersih Pantai Gatra

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) menanam pohon mangrove dan bersih-bersih Pantai Gatra di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/03/2023).

 

Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) menanam pohon mangrove dan bersih-bersih Pantai Gatra di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/03/2023).

 

TUJUANNYA, menurut Muhammad Farrel Nikkola Putra Aqila, Ketua Pelaksana, untuk  melestarikan ekosistem laut serta meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa Fakultas Teknik terhadap lingkungan pesisir pantai.

Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) menanam pohon mangrove dan bersih-bersih Pantai Gatra di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/03/2023).

Penanaman bibit pohon mangrove diawali dengan pembekalan serta pemberian materi oleh pemandu dari Clungup Mangrove Conservation Tiga Warna (CMC Tiga Warna) agar mahasiswa dapat menanam bibit pohon mangrove dengan benar. “Melalui pembekalan ini pula, mahasiswa mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan di bangku kuliah,” kata  Aqila.

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) memasang plang, ajakan kepada pengunjung pantai agar menjaga kebersihan pantai di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/03/2023).

Setelah menanam pohon mangrove, para mahasiswa melakukan bersih-bersih pantai dengan membentuk beberapa tim yang di tempatkan pada titik-titik tertentu. Setiap tim akan mengumpulkan dan mencatat sampah apa yang sudah ditemukan. Selain membersihkan pantai, BEM Fakultas Teknik juga menyumbangkan dua plang berisikan ajakan untuk menjaga kebersihan pantai yang dipasang di Pantai Gatra dan Pantai Tiga Warna.

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) menanam pohon mangrove di Pantai Gatra, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/03/2023).

”Harapannya, dengan kegiatan ini mahasiswa teknik akan lebih mencintai dan melestarikan lingkungan,  khusunya pada ekosistem laut dan pesisir pantai,” harap Muhammad Farrel Nikkola Putra ‘Aqila.

Manager Penelitian, Perencanaan, dan Pengembangan (Litperbang) dan Arsiparis Yayasan Bhakti Alam Sendang Biru (Pengelola CMC Tiga Warna), Arik Anggara, mengapresiasi kegiatan mahasiswa karena ikut melestarikan lingkungan pantai. “Terima kasih atas kontribusi menanam 60 bibit mangrove sebagai upaya konservasi dan plang untuk mengedukasi pengunjung untuk bertanggungjawab atas sampahnya,” katanya. (div/mat)