26 Juni 2024

`

Kunjungi UB dan UMM, Ini Harapan Wantimpres

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jenderal TNI (Purn) Wiranto, menilai, bonus demografi harus digunakan sebaik mungkin. Jika tidak digarap dengan baik, pengangguran akan meningkat dan berakibat menjadi beban demokrasi.

 

Tim Wantimpres (Wiranto, Soekarwo, Agung Laksono, Putri Kuswisnu Wardani) menggelar dialog bersama pimpinan UMM di kampus setempat, Senin (26/06/2023) siang.

 

Ketua Tim Wantimpres, Wiranto, didampingi para anggota (Soekarwo, Agung Laksono, Putri Kuswisnu Wardani) serta Rektor UB, Prof. Dr. Widodo, memberikan keterangan pers usai dialog di kampus setempat, Senin (26/06/2023) siang.

“SALAH satu aspek penting adalah pemanfaatan bonus demografi sebagai jalan meraih Indonesia Emas 2045. Saat ini, bangsa pemenang tidak ditentukan dari siapa yang paling kuat dan besar, tapi siapa yang paling cepat, utamanya yang paling cepat mengadopsi ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Wiranto saat kunjungan ke Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, Senin (26/06/2023) siang.

“Saya rasa roadmap menuju kemajuan Indonesia sudah diwujudkan melalui apa-apa yang dilaksanakan oleh UB dan UMM. Nanti tentu akan muncul butir-butir usulan yang menjadi bahan kami untuk memberikan masukan kebijakan pada presiden,” imbuhnya.

Tim Wantimpres (Wiranto, Soekarwo, Agung Laksono, Putri Kuswisnu Wardani) bersama pimpinan UMM, usai dialog di kampus setempat, Senin (26/06/2023) siang.

Wiranto yang ditemani anggota Wantimpres, Dr. H. Soekarwo, Putri Kuswisnu Wardani, M.B.A, dan Dr. (HC) dr. H. R. Agung Laksono, mengatakan, kunjungannya ke dua kampus di Kota Malang ini dalam rangka meminta masukan dan diskusi dengan para akademi. “Kami ingin masukan dari pihak kampus. Mencari ide, masalah-masalah bangsa, dan berguru. Karena dalam membangun bangsa dan mencapai tujuan Indoensia Emas 2045, perlu adanya persatuan, toleransi, dan kolaborasi dari semua unsur Negara,” katanya.

Terpisah, Rektor UB, Prof. Widodo, mengatakan, dalam diskusi ini banyak arahan dari Wantimpres. “Bagaimana harusnya sebuah perguruan tinggi untuk merespon perkembangan teknologi, khususnya Indonesia Emas tahun 2045. UB siap berkolaborasi dengan pemerintah,” katanya. (div/mat)