25 April 2024

`

Kukuhkan Pengurus DKKM, Ini Harapan Wabup Malang

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Dewan Kesenian Kabupaten Malang (DKKM), Jawa Timur,  diharapkan dapat  menyampaikan pesan moral pentingnya menjaga kesehatan melalui media kesenian untuk disampaikan pada masyarakat. Karena pandemi COVID 19 belum tuntas 100%.

 

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, mengukuhkan Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Malang (DKKM) 2021 – 2026, Kamis (26/05/2022) pagi di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang.

 

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, diringi penari saat menghadiri pengukuhan Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Malang (DKKM) 2021 – 2026, Kamis (26/05/2022) pagi di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang.

HARAPAN ini disampaikan Wakil Bupati Malang,  Didik Gatot Subroto, ketika menghadiri Pengukuhan dan Rapat Kerja Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Malang (DKKM) 2021 – 2026,  Kamis (26/05/2022) pagi di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang.

“Selama dua tahun terdampak pandemi COVID 19, telah berimbas pada seluruh kegiatan, tak terkecuali seni budaya di Kabupaten Malang. Karena sekarang mulai mereda, DKKM diharapkan dapat berkontribusi  menyampaikan pesan moral pentingnya menjaga kesehatan melalui media kesenian kepada masyarakat luas,” kata Didik.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang ini juga  berharap, dengan dikukuhkannya DKKM, seniman akan bangkit kembali. “Dengan kebangkitan seniman yang mampu memberikan hiburan bagi masyarakat, diharapkan dapat  menghadirkan kegembiraan yang berdampak pada meningkatnya imun tubuh. Dengan demikian kita dapat memiliki jiwa dan batin yang sehat pula,” harapnya.

Tari topeng mewarnai pengukuhan Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Malang (DKKM) 2021 – 2026, Kamis (26/05/2022) pagi di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang.

Didik  juga  menyampaikan apresiasi kepada kepengurusan DKKM sebelumnya yang telah mengantarkan dan memperkenalkan seni budaya Kabupaten Malang ke masyarakat luas. Menurutnya, tradisi dan budaya bukanlah penghambat dalam perkembangan dan kemajuan bangsa dan negara. “Nilai-nilai yang terkandung dalam adat istiadat tersebut, seyogyanya justru perlu menjadi pedoman dan acuan guna memegang teguh kearifan lokal, dalam perkembangan sumber daya manusia (SDM),” jelasnya.

Secara global, unsur hiburan dalam berkesenian  diharapkan dapat bersinergi dengan unsur sosial kemasyarakatan yang lain,  seperti ekonomi, pendidikan dan  pariwisata. “Ini menjadi tugas pengurus DKKM  untuk menanamkan nilai-nilai itu,  utamanya kepada generasi muda.  Ke depan, dengan sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Malang, saya berharap agar kita dapat bersama-sama membangun Kabupaten Malang  menuju Malang Makmur dan bermartabat,” harapnya. (bri/mat)