23 April 2024

`

Kemendagri Nobatkan Kabupaten Malang Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, bersama 11 kabupaten/kota lainnya se Indonesia, meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Jumat (23/12/2022) siang di Gedung C Lt 3, Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat. 

 

Kepala Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Malang, Dr. M Hidayat, bersama Asisten Administrasi Umum, Dr. Dra. Mursyidah Apt., M.kes., Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Marendra Hengky Irawan,S.STP.,M.AP, serta Ahmad Mulyadi menunjukkan piagam penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022.

 

PENGHARGAAN diserahkan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada kepada Kepala Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Malang,  Dr. M Hidayat, disaksikan Bupati Malang, Drs. HM Sanusi, MM, dan didampingi Asisten Administrasi Umum, Dr. Dra. Mursyidah Apt., M.kes., Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Marendra Hengky Irawan,S.STP.,M.AP, serta Ahmad Mulyadi.

“Alhamdulillah Kabupaten Malang berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif 2022 dalam ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri. Terma kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam melakukan inovasi pembangunan,” kata Bupati Malang.

Kepala Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Malang, Dr. M Hidayat, bersama Bupati Malang, Drs. HM Sanusi, MM, membawa piagam penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022.

Sebagai informasi, penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2022 merupakan salah satu terobosan yang dilakukan pemerintah pusat untuk mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan antar pemerintah kabupaten/lota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Harapannya, akan terwujud peningkatan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan pembangunan, dan terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Kompetisi tersebut bertujuan untuk memotivasi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat. Kategori penghargaan yakni sangat inovatif, inovatif, kurang inovatif,  dan tidak dapat dinilai.

Selanjutnya keberadaan IGA juga berfungsi untuk mendorong penerapan good governance dan meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan pemerintah daerah. Di samping itu event ini juga digelar guna memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang berhasil menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah secara transparan. Utamanya dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.

Bupati Malang berkomitmen untuk terus mempertahankan serta meningkatkan capaian yang telah diraih. “Melalui prestasi ini, saya ingin memotivasi seluruh perangkat daerah  agar terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat maupun dalam menjalankan tugas-tugas birokrasi,” katanya. (iko/mat)