22 April 2024

`

Jelang Idul Adha, Kapolresta Bahas PMK

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H/ 2022 M, Polresta Malang Kota, berkoordinasi dengan stakeholder di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, menyikapi penyebaran  penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, di Ruang Eksekutif Polresta Malang Kota, Rabu (22/06/2022). 

 

Para peserta rapat, membahas PMK hewan kurban di Polresta Malang.

 

“POLRESTA Malang Kota sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Malang terkait kerjasama dalam menyediakan lokasi untuk karantina  hewan yang sakit,” terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto saat memimpin rapat.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, bersama para peserta rapat, membahas PMK hewan kurban.

Selain itu memberi vitamin pada hewan ternak. Karena hingga saat ini vaksin untuk PMK pada hewan ternak belum ditemukan. Kapolresta berharap  para dokter hewan dan fakultas kesehatan, harus dilibatkan untuk  membantu peternak dalam hal kesehatan.  “Kami dari TNI/Polri akan selalu membantu. Bekerjasama dengan para peternak untuk menanggulangi wabah yang saat ini terjadi,” katanya.

Sementara itu, Ketua FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama)  Kota Malang,  KH. Ahmad Taufik Kusuma, mengatakan, apa yang terjadi saat ini telah menimbulkan masalah psikologis.  “Masalah yang juga timbul dari wabah virus PMK ini adalah permasalahan psikologis yang menimpa para peternak hewan,” katanya.

Ia berterima kasih kepada MUI yang telah mengeluarkan fatwa terkait penyembelihan hewan kurban.  Sehingga masyarakat memahami mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Peserta rapat koordinasi juga memperoleh paparan dari Kepala Bidang  Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Malang, drh. Anton seputar perkembangan kasus PMK., khususnya dalam penyelenggaraan kurban 1443 H/2022 M.  (aji/mat)