25 April 2024

`

Jaga Stabilisasi Harga, Dinas Ketahanan Pangan Gelar Gerakan Pangan Murah

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, menggelar Gerakan Pangan Murah di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (01/04/2024) siang.

Sejumlah pejabat Kabupaten Malang hadir dalam pembukaan Gerakan Pangan Murah di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (01/04/2024) siang. Di antaranya, Kepala Dinas Perhubungan Bambang Istiawan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan, Avicenna Medisca Sani Putera, serta sejumlah camat.

 

Pj Sekda Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Mahila Surya Dewi, menggunting pita sebagai tanda dibukanya Gerakan Pangan Murah di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (01/04/2024) siang.

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan serentak secara nasional. “Pelaksanaannya serentak secara nasional, dilakukan secara hybrid offline di 411 titik di 38 provinsi dan 260 kabupaten/kota. Untuk Kabupaten Malang dipusatkan di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Ngantang,” katanya usai kegiatan.

Mengapa Kecamatan Ngantang yang dipilih menjadi pusat kegiatan di Kabupaten Malang? “Kecamatan Ngantang dipilih sebagai titik lokasi Gerakan Pangan Murah karena untuk memenuhi aspek pemerataan pelayanan kebutuhan masyarakat Kabupaten Malang di Malang barat yang meliputi Kecamatan Pujon, Ngantang, dan Kasembon,” jelasnya.

Mahila menjelaskan, maksud dan tujuan Gerakan Pangan Murah di antaranya, menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) khususnya Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M. Selain itu membantu masyarakat agar dapat memperoleh bahan pokok dengan harga yang terjangkau, di bawah harga pasar, serta menjaga ketersediaan bahan pangan pokok, baik di tingkat produsen maupun konsumen.

Pj Sekda Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Mahila Surya Dewi, meninjau stand usai membuka Gerakan Pangan Murah di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (01/04/2024) siang.

“Sasaran kegiatan ini diprioritaskan di lokasi barometer inflasi dan wilayah-wilayah yang mengalami gangguan atau gejolak pasokan dan harga pangan serta masyarakat di bawah garis kemiskinan. Sedangkan komoditas yang dijual di antaranya beras, gula, minyak goreng, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, sayur mayur, serta produk UMKM lainnya,” jelasnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi, menyampaikan laporan saat pembukaan Gerakan Pangan Murah di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (01/04/2024) siang.

Menurut Mahila Surya Dewi, cukup banyak juga komoditas yang dijual. Seperti beras sebanyak 8 ton. “Kegiatan ini dihelat selama satu hari, tapi secara bergiliran. Besok akan diadakan di Kecamatan Jabung. Sedangkan jumlah pembelian tidak dibatasi,” katanya seraya menambahkan, kegiatan ini didukung Perum Bulog Cabang Malang, ID Food, UMKM Pangan, dan Satgas Pangan.

Sementara itu, sejumlah pejabat Kabupaten Malang hadir dalam kegiatan yang dibuka Pj Sekda Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah tersebut. Di antaranya, Kepala Dinas Perhubungan Bambang Istiawan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan, Avicenna Medisca Sani Putera, serta sejumlah camat. (bri/mat)