13 April 2024

`

Ikut InaRI  Expo 2023, UM Coba Gaet Mahasiswa Asal Jabodetabek

2 min read

BOGOR, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, berusaha menggaet calon mahasiswa dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) dengan mengikuti Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2023 yang diselenggarakan pada Rabu-Sabtu (20-23/09/2023) di ICC Building KST Soekarno, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

 

Booth UM dinobatkan sebagai booth terbaik katergori teredukatif  saat mengikuti Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2023 yang diselenggarakan pada Rabu-Sabtu (20-23/09/2023) di ICC Building KST Soekarno, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

 

“PAMERAN UM ini berupaya menggaet calon mahasiswa dari Jabodetabek yaitu pengunjung yang merupakan orang tua calon mahasiswa. Pameran ini berpotensi secara akademik dan ekonomi,” kata Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si, Rabu (27/09/2023) siang.

Direktur Inovasi UM, Prof. Dr. Nandang Mufti, S.Si, M.T, mempresentasikan hasil-hasil inovasi UM  saat mengikuti Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2023 yang diselenggarakan pada Rabu-Sabtu (20-23/09/2023) di ICC Building KST Soekarno, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

InaRI merupakan panggung bagi periset, inovator, dan industri untuk mempresentasikan produk dan ide-ide baru kepada publik, pemangku kepentingan, dan industri. InaRI Expo juga menjadi salah satu bentuk apresiasi bagi inovator dengan ide baru dan cemerlang. Dengan mengusung tema “Research and Innovation for Better Future”, InaRI Expo bertujuan mendorong kolaborasi dalam inovasi, pertukaran teknologi, ide, dan pengalaman, serta menginisiasi proses komersialisasi produk riset dan inovasi.

Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si., menjelaskan, keterlibatan UM kali ini membawa beberapa hasil inovasi yang lebih beragam. “Ada beberapa produk fisik, aplikasi/software game, dan buku yang dibawa dalam event ini. Untuk produk yang sulit dibawa, cukup ditampilkan dalam bentuk brosur atau video,” tuturnya.

Para pengunjung InaRI Expo 2023 mencoba mesin pendeteksi bahagia hasil karya tim inovasi UM saat mengikuti Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2023 yang diselenggarakan pada Rabu-Sabtu (20-23/09/2023) di ICC Building KST Soekarno, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Markus Diantoro menambahkan, beberapa produk yang dibawa UM seperti A.I. Supercapp Battery, Measuring Tools (yang berdimensi besar), Wind Turbine Generator, PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Selain itu, terdapat puluhan produk material maju, material nano smart water quality meter, mobil surya mini, Happiness Index Detector, bahkan hingga Metaverse-VR Virtual Reality.

“Kita ingin mendorong para dosen dan warga UM untuk lebih produktif. Kita bisa menunjukkan bahwa UM bisa dan siap bekerja, bahkan siap komersialisasi, karena ini merupakan bagian tanggung jawab PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Nah, pameran ini berupaya menggaet calon mahasiswa dari Jabodetabek, yaitu pengunjung yang merupakan orang tua calon mahasiswa. Pameran ini berpotensi secara akademik dan ekonomi,” katanya.

Pada gelaran tersebut,  booth UM dinobatkan sebagai booth terbaik katergori teredukatif.(div/mat)