13 April 2024

`

Ikan Asap Mayangan: Segar, Sedap, dan Murah

3 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tak lengkap rasanya kalau sudah sampai Kota Probolinggo, Jawa Timur, tidak mampir ke Warung Ikan Asap Mayangan, milik Majudin (50) dan Sanah (45). Ikan asap yang terletak di Jl. Ikan Paus, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo —tepat di depan kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Situbondo— ini memang dikenal segar, gurih, dan sedap.

 

Di Jl. Ikan Paus, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, inilah letak Warung Ikan Asap Mayangan.

 

Majudin, pemilik Warung Ikan Asap Mayangan, menunjukkan ikan yang baru diasap di warungnya, Jl. Ikan Paus, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Senin (12/02/2024) siang.

MENURUT Sanah, warungnya yang buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB ini menyediakan berbagai macam ikan laut. Mulai ikan dorang, kakap, putihan, mata miring, dan tengiri. Pendampingnya ada sambal dabu-dabu, sambal blimbing wuluh, terasi, tomat, dan sambal kecap. “Tinggal pilih. Mau pakai sambal apa saja kami sediakan,” katanya, Senin (12/02/2024) siang ditemui di warungnya.

Ketua Dewan Pengawas Pengurus PBSI Kabupaten Malang, H. Jakfar Faudzi (kaos coklat) dan Wakil Ketua Umum 1 PBSI Kabupaten Malang, Rahmat, usai menikmati Ikan Asap Mayangan, di Jl. Ikan Paus, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Senin (12/02/2024) siang.

Tak hanya ikan laut. Meski nama warungnya “Ikan Asap Mayangan” Sanah juga menyediakan menu lain. Seperti tahu atau tempe goreng dan telor goreng atau dikukus. Ini untuk melayani pembeli yang tak suka ikan. Hanya diasap sajakah ikannya? “Tidak. Tergantung permintaan pembeli. Mau digoreng juga bisa. Cuma di sini yang terkenal itu ikan asap,” tegasnya.

Majudin, pemilik Warung Ikan Asap Mayangan, menunjukkan ikan yang baru diasap di warungnya, Jl. Ikan Paus, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Senin (12/02/2024) siang.

Soal minuman, penikmat kuliner ikan laut juga tak perlu khawatir. Di tengah terik matahari dan panasnya kawasan pesisir laut utara Jawa ini, pembeli bisa minta dibuatkan es cao, es teh, es jeruk atau minum kopi pahit. Harganya pun sangat terjangkau. Untuk ikan putihan ukuran 1,2 kg, harganya sekitar Rp 40 ribu per ekor. “Harganya macam-macam, tergantung jenis ikan dan ukurannya. Kakap besar bisa sampai Rp 300 ribu per ekor,” ujarnya.

Sanah, pemilik Warung Ikan Asap Mayangan, menunjukkan ikan yang baru diasap di warungnya, Jl. Ikan Paus, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Senin (12/02/2024) siang.

Lalu, habis berapa banyak ikan dalam sehari? “Sehari habis kurang lebih ½ kwintal ikan. Kami tak perlu repot-repot cari ikan, karena di daerah sini pusatnya ikan, pusatnya nelayan. Di depan sana itu ada pelabuhan ikan (Tempat Pelelangan Ikan Mayangan yang dikelola Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur, red). Setiap pagi kami dikirimi ikan oleh para nelayan. Ikannya masih-segar, karena langsung dari laut. Makanya ikan asap di sini rasanya enak, gurih, sedap, dan segar,” jelas Sanah.

Karena ikannya masih segar, tak heran jika banyak konsumen dari berbagai daerah di Jawa Timur, datang langsung ke Warung Ikan Asap Mayangan, Probolinggo, ini. Salah satunya Ketua Dewan Pengawas Pengurus PBSI Kabupaten Malang, H. Jakfar Faudzi dan Wakil Ketua Umum 1 PBSI Kabupaten Malang, Rahmat. Setiap ke Probolinggo, Jakfar selalu mampir ke warung ini. “Ikannya segar dan besar. Ini, satu ekor saja tak habis. Padahal dimakan dua orang,” katanya seraya menunjuk sisa ikan asap putihan yang beratnya 1,2 kg. (bri/mat)