19 Juni 2024

`

IKA Unair Beri Pengobatan Gratis Santri Al Khoziny

2 min read

SIDOARJO, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Khoziny, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, mendapatkan pengobatan gratis dari Ikatan Alumni Univeritas Airlangga (IKA Unair) Sidoarjo, Minggu (30/10/2022).

 

Para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Khoziny, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, atri mengikuti pengobatan gratis dari Ikatan Alumni Univeritas Airlangga (IKA Unair) Sidoarjo, Minggu (30/10/2022).

 

KEGIATAN  yang digelar dalam rangka bakti sosial memperingati 50 Tahun IKA Unair ini meliputi pemeriksaan kesehatan umum dan gigi. Para santri juga mendapatkan penyuluhan kesehatan, narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (Napza), serta penyuluhan obat-obatan.

Sejumlah petugas kesehatan dari RS Bhayangkara Pusdik Sabhara, Porong, ikut membantu pengobatan gratis di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Khoziny, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (30/10/2022).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ponpes Al Khoziny yang memberikan fasilitas dan tempat sehingga baksos bisa terselenggara,” ungkap salah satu Pengurus Pusat (PP) IKA Unair yang juga Ketua Panitia 50 Tahun IKA Unair, Abdulloh Machin,  ketika memberikan sambutan.

Para santri tampak tertib dan teratur mengantre untuk mendapatkan layanan kesehatan. Mereka juga mengikuti saran dokter dan tenaga medis usai menjalani pemeriksaan.

Kepala RS Bhayangkara Pusdik Sabhara, Porong, AKBP Eko Yunianto mengatakan, kegiatan ini sangat baik, karena membantu kedekatan berbagai pihak, termasuk Polri dengan santri. “Kami mendukung penuh kegiatan ini dan membantu sepenuhnya dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Khoziny, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, memeriksakan giginya, Minggu (30/10/2022).

Sedangkan Pengasuh Ponpes Al Khoziny, KH. R. Abdussalam Mudjib, berharap,  ke depan semakin banyak santri yang bisa masuk kedokteran. Pasalnya, selama ini pihaknya masih kekurangan tenaga kesehatan yang membantu ponpes. “Semoga layanan kesehatan yang diberikan menjadi berkah bagi semuanya,” ucapnya.

Dalam penyuluhan kesehatan menghadirkan dr. Nurul Hidayati yang membahas pencegahan tuberkulosis (TB). Sedangkan Resya Febri Rahmadani yang berprofesi sebagai apoteker, memberikan materi waspada membeli obat online. Para peserta tampak antusias mengikuti acara ini. Apalagi di sela-sela acara ada pembagian door prize.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sidoarjo Nugroho Eko Wirawan Budianto, Pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Sidoarjo Fatchur Rozi, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sidoarjo Tri Widiyartiningsih, Ketua Ikatan Alumni Dokter Gigi (Ikagi) Unair Agus Suprapto, dan Ketua Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam. (bri/mat)