23 April 2024

`

Gelar Audisi Atlet Puslatkab, PBSI Kabupaten Malang Gandeng Fakultas Psikologi Unidha

2 min read

MALANG | TABLOIDJAWATIMUR.COM – Pengurus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Malang, Jawa Timur, akan menggelar audisi atlet untuk masuk pemusatan latihan (puslat) PBSI Kabupaten Malang, Sabtu dan Minggu (02 – 03/03/2024) di GOR Platinum, Araya, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Selain menjalani tes teknik dan fisik, para peserta juga harus menjalani tes psikologi.

 

Dua dosen Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana, Rachmawati, S.Psi.,M.Comm., Psikolog, dan Nadiya Andromeda, S.Psi.,M.Psi., Psikolog, berkoordinasi dengan Wakil Ketua Umum I PBSI Kabupaten Malang, Rahmat, untuk melakukan tes psikologi bagi para atlet bulutangkis.

KETUA Umum PBSI Kabupaten Malang, H. Imam Sumantri, ST, MT, MH, menjelaskan, para atlet yang mengikuti audisi ini akan dipersiapakan untuk menghadapi Kejuaraan Provinsi PBSI (kejurprov) Jawa Timur, akhir 2024, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2025, serta even-even lainnya.

“Karena itu kami mengundang para atlet bulutangkis Kabupaten Malang, khususnya kategori remaja dan taruna, putra dan putri, untuk mengikuti audisi ini. Untuk tim seleksinya, kami menggandeng dua pelatih Puslatprov Jatim, dibantu beberapa pelatih Kabupaten Malang yang sudah ditunjuk. Ini kami lakukan untuk menjaga netralitas penilaian,” katanya, Kamis (22/02/2024) siang.

Dua dosen Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana, Rachmawati, S.Psi.,M.Comm., Psikolog, dan Nadiya Andromeda, S.Psi.,M.Psi., Psikolog, siap melakukan tes psikologi bagi para atlet bulutangkis.

Imam Sumantri menjamin audisi ini benar-benar bersih, tanpa ada rekayasa, apalagi titipan dari siapa pun. “Kami benar-benar ingin mendapatkan atlet yang berkualitas. Tidak mengejar kuantitas. Kalau misalnya yang ikut audisi ada 100 atlet, tapi yang layak dan memenuhi syarat masuk puslat hanya 10 orang atau kurang sekalipun, ya segitulah yang kami tampung. Selain itu, puslat tetap menjalankan program degradasi,” tandasnya.

Selain menjalani tes teknik dan fisik, pata atlet juga akan menjalani tes psikologi. Untuk ini, masih kata Imam Sumantri, PBSI Kabupaten Malang sudah menjalin kerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana (Unidha) Malang. “Nanti dosen-dosen Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana yang akan melakukan tes psikologi,” tegasnya.

Terkait dengan tes psikologi, belum lama ini, dua dosen Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana, Rachmawati. S.Psi.,M.Comm., Psikolog, dan Nadiya Andromeda.S.Psi.,M.Psi., Psikolog, sudah berkoordinasi dengan Wakil Ketua Umum I PBSI Kabupaten Malang, Rahmat. Menurut Rachmawati, pihaknya siap menjalin kerjasama dengan PBSI untuk melakukan tes psikologi bagi para atlet bulutangkis. (iko/mat)