25 April 2024

`

FTP UB – UPM Malaysia Ajari Siswa SDN 1 Taji Buat Hidroponik

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM –  University Putra Malaysia (UPM) bersama Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB)  mengajari murid-murid SDN 1 Taji, Kecamatan Jabung,  Kabupaten Malang, Jawa Timur,  membuat hidroponik, 13 – 17 Mei 2022. 

 

Murid-murid SDN 1 Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, belajar membuat hidroponik.

 

Dr. Norhashila Hashim, Head of Department of Biological and Agricultural Engineering – University Putra Malaysia yang juga ketua rombongan,  mengatakan, sama seperti Malaysia, warga kota di Indonesia juga sulit bercocok tanam karena terbatasnya lahan.

“Saat ini pola bangunan warga kota adalah apartemen dan perumahan minimalis, karena  tanahnya sempit. Tanah yang kritis dan keterbatasan jumlah air, sehingga hidroponik menjadi salah satu solusi yang tepat,” jelas Dr. Norhashila Hashim.

University Putra Malaysia (UPM) bersama Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) mengajari murid-murid SDN 1 Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, membuat hidroponik, 13 – 17 Mei 2022.

Sementara itu,  Zaqlul Iqbal, S.TP., M.Si., ketua pelaksana kegiatan dari Departemen Teknik Biosistem FTP UB, menjelaskan, SDN 1 Taji dipilih karena sebelumnya SDN 1 Taji sudah memiliki kerjasama dengan BEM FTP UB. “Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut MoU kami dengan UPM Malaysia. Kebetulan adik-adik BEM FTP memiliki kerjasama dengan SDN 1 Taji,” jelasnya.

“Alhamdulillah kolaborasi pengabdian masyarakat internasional ini berjalan lancar. Harapannya tidak berhenti sampai di sini,  tapi dapat dilanjutkan pihak sekolah sebagai sarana belajar pelajar. Siapa tahu dapat menambah kas sekolah,” papar Zaqlul Iqbal.

Kepala SDN 1 Taji, Muhajirin,  SPd,  berterima kasih kepada FTP UB dan UPM Malaysia yang sudah mengamalkan pengetahuan tentang hidroponik. Tidak terlalu susah ternyata, dan ternyata berbagai jenis sayuran berdaun dapat ditanam dengan sistem pertanian hidroponik DFT-NFT,” katanya. (div/mat)