25 April 2024

`

FEB Unisma Ajari Santri di Jombang Berwirausaha

2 min read

JOMBANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur, memberikan pelatihan  entrepreneur bagi santri  di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyiin, Pacul Gowang, Kabupaten Jombang, belum lama ini.

 

Sejumlah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur, memberikan pelatihan entrepreneur bagi santri di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyiin, Pacul Gowang, Kabupaten Jombang, belum lama ini.

 

SELAIN ada Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyiin, yayasan yang dipimpin KH. Muhammad Shobih Al Muayyad Aziz — putra pertama Almargfurlah KH. Aziz Mansur—- juga mengelola SMK Tarbiyatun Nasyiin yang dipimpin Lukman Hakim, S.Sos, SPd.

Sebelum pelatihan, digelar penandatanganan MoU antara kedua Lembaga. Dekan FEB Unisma, Nur Diana,  SE, MSi,  menyatakan, setiap kunjungan yang dilaksanakan FEB Unisma,  selalu memiliki misi  dan semangat yang sama,  yaitu meningkatkan tali silaturahmi, saling berkolaborasi dalam mendukung kemajuan antar lembaga yang sama-sama di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU).

“FEB Unisma berkepentingan untuk menjalankan kerjasama bidang Tridharma Perguruan Tinggi dengan lembaga pendidikan dan pesantren di bawah nauangan Nahdlatul Ulama. Tujuannya,  mengembangkan kompetensi sumberdaya manusia,  baik guru maupun siswa,  sesuai dengan bidangnya. Selain itu juga a melakukan kerjasama yang saling menguntungkan guna meningkatkan kapasitas Lembaga,” tutur Diana.

Sementara itu,  Kepala Sekolah  SMK Tarbiyatun Nasyiin, Lukman Hakin, berharap, MoU kedua lembaga ini dapat meningkatkan transfer quality of knowledge dari FEB Unisma.

Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan pelatihan entrepreneurship bagi santri di era digital yang melibat  tim dosen. Terdiri dari, Nur Diana, SE, MSi (ketua), Maslichah, SE, MSi, Akt CA dan M. Cholid Mawardi SE, MM.  Kemudian  Workshop Digital Marketing bagi santri dan pelajar oleh Tim Dosen,  Dr. Ridwan Basalamah SE, MM, dan Khalikusssabir, SE, MM.

Diana mengatakan, workshop bertujuan untuk mengenalkan para santri dan siswa/Siswi SMK atau kaum millennial agar  mampu bersaing menghadapi era ekonomi digital. Generasi muda millenial ini juga nantinya akan diperkenalkan kepada pasar digital .

“Penting sekali membangun semangat entrepreneur sejak dini. Anda semuanya merupakan  pebisnis pemula, perlu memperkuat diri dengan pondasi bisnis. Niat yang kuat, passion yang prospektif, komitmen dalam belajar,  serta mencari jejaring adalah basic bisnis yang wajib dimiliki, “ tutur Diana. (aji/mat)