20 Juni 2024

`

Farzah, Mahasiswa yang Sopan dan Aktif di Kampus

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Farzah Dwi Kurniawan Jhovhanda (20), korban meninggal dunia ke-135 dalam tragedi Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (01/10/2022) malam, dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dan punya dedikasi tinggi untuk kampusnya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

 

Farzah Dwi Kurniawan Jhovhanda, mahasiswa yang sopan. Tidak jarang, kalau bicara dengan teman-temannya menggunakan bahasa krama. Bahkan tugasnya di LSO Surya juga selalu diselesaikan dengan baik.

 

SALAH SATU temannya di Fakultas Teknik Sipil UMM, Fathur Rizqi, menjelaskan, Farzah merupakan teman yang aktif untuk berkontribusi dan belajar hal baru. Terbukti dari dedikasinya untuk lembaga semi otonom (LSO) Surya. Ia dipercaya mengemban tugas di bidang riset dan pengembangan. Bahkan pernah mewakili UMM di ajang Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI). “Farzah adalah salah satu teman yang gigih, baik pada proses perkuliahan atau sebagai Tim Surya,” katanya, Senin (24/10/2022) siang.

Fathur menambahkan, Farzah memang hobi main sepak bola. Tapi sejauh yang ia tahu, temannya itu hampir tidak pernah menonton sepak bola secara langsung di stadion. Pertandingan Arema melawan Persebaya awal Oktober lalu menjadi kesempatan pertamanya untuk menonton langsung.

“Saya kaget ketika diberitahu Farzah meninggal. Apalagi usai magrib keadaannya membaik. Namun sekitar jam setengah delapan malam, kondisinya memburuk dan akhirnya menghembuskan nafas terakhir. Farzah adalah sosok yang sopan. Tidak jarang, kalau bicara dengan teman-temannya menggunakan bahasa krama. Bahkan tugasnya di LSO Surya juga selalu diselesaikan dengan baik,” kata Ketua Tim LSO Surya UMM itu.

Rasa kehilangan juga dirasakan pihak UMM, khususnya sivitas akademika Jurusan Teknik Sipil. Farzah yang juga turut membantu sebagai Asisten Laboratorium Muhammadiyah Applied Technologi Center (MATC), dikenal sebagai asisten yang ramah dan tak segan membantu junior-juniornya untuk memahami berbagai materi.

“Almarhum merupakan mahasiswa yang aktif,  baik akademik maupun dalam aktivitas LSO Surya. Ia beberapa kali mewakili UMM. Tahun ini juga menjadi panitia tim yang mendukung para finalis ke final KBGI dan Kompetisi Jembatan Indonsia,” terang Sekretaris Jurusan Teknik Sipil UMM, Dr. Ir. Moh. Abduh, ST., MT., IPM., ACPE., ASEAN Eng. (div/mat)