16 Juni 2024

`

Dzikir Hingga Wayang Kulit Warnai Peringatan Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Berbagai rangkaian kegiatan digelar dalam rangka menyemarakan Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang, Jawa Timur, 29 November 2022. Mulai khataman Al quran, ziarah kubur, tari-tarian tradisional, hingga pegalaran wayang kulit.

 

 

KEPALA Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Marendra Hengky Irawan, S.STP, M. AP, menjelaskan, pada Jumat (09/09/2022) lalu, Pemerintah Kabupaten Malang telah merilis logo dan tema Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang.

Bupati Malang, HM Sanusi memimpin dzikir dan istighosah peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262, Jumat (25/11/2022) di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Tema Hari Jadi ke- 1262 Kabupaten Malang  yakni ‘Maju, Sejahtera Bersama Malang Makmur.’ Tema ini merupakan representasi dari keinginan Pemerintah Kabupaten Malang untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan, dengan merangkul seluruh elemen masyarakat,  bersama-sama berjuang mewujudkan visi Kabupaten Malang Makmur,” jelasnya, Sabtu (26/11/2022) siang.

Dia menjelaskan,  rangkaian hari jadi diawali dengan  doa bersama, diikuti Forkopimda Kabupaten Malang, Jumat (25/11/2022) pukul 13.00 WIB di Pendopo Agung Kabupaten Malang,  Jl. KH. Agus Salim No.07 Malang. Dilanjutkan Minggu (27/11/2022) pukul 08.00 WIB, festival bakso di Pendopo Agung Kabupaten Malang.  Pada kegiatan inti, Senin (28/11/2022), rangkaian acara dilakukan mulai pagi hingga malam hari.

Sejumlah undangan mengikuti dzikir dan istighosah peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262, Jumat (25/11/2022) di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Sama dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang  tahun lalu, pada tahun ini juga ada ziarah ke makam Ki Ageng Gribig, pendiri Kabupaten Malang, ke makam Bupati Malang I, Raden Tumenggung Notodiningrat I, Bupati Malang II, Raden Aryo Adipati Notodiningrat II, dan Bupati Malang III, Raden Aryo Adipati Notodiningrat III, dan ziarah ke makam sejumlah mantan Bupati Malang lainnya,” terang Marendra.

Menurutnya, ziarah ini telah menjadi agenda rutin setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang. Harapannya, sebagai generasi penerus  harus  mengenang dan mengikuti teladan para pendahulu yang berjasa mendirikan Kabupaten Malang.

Sebelum upacara hari jadi dimulai, Pemerintah Kabupaten Malang mengadakan khotmil Qur’an di Peringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang. “Ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan pembuka dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262. Tujuannya, bermunajat sekaligus ungkapan rasa syukur atas segala nikmat dan karunia Allah SWT untuk menuju Malang Makmur,” terangnya.

Setelah dua  rangkaian pembuka dilaksanakan, pada pukul 07.00 WIB,  Pemerintah Kabupaten Malang menggelar Upacara Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262 di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang, dihadiri Forkopimda Kabupaten Malang.

Selain itu marchingband SMK Penerbangan Singosari juga akan tampil pada saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang tersebut. Selanjutnya, acara akan terus berlanjut hingga resepsi pada malam hari. Beragam kesenian daerah akan turut mewarnai resepsi tersebut. Di antaranya, Tari Sekar Kadipaten, Tari Malang Amukti Praja hingga pagelaran wayang kulit yang rencananya akan ditampilkan pada malam puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang di KEK Singhasari.  (iko/mat)