25 Juli 2024

`

Dosen UM Bantu Alat Roasting Pemilik Kopi Wali di Singosari

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Universitas Negeri Malang (UM) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menggelar program bantuan untuk para pelaku bisnis kopi di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

Tim dosen Universitas Negeri Malang (UM) menyerahkan bantuan alat roasting kepada pelaku bisnis kopi di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (23/07/2023) siang.

 

SEJUMLAH dosen UM, di antaranya Dr. Pramono, S.Pd., M.Or, M. Afnan H, ST, MT, M.Eng, Fuad Indra Kusuma,S.Pd, M.Pd, Sujito, ST, MT, Ph.D, Moh. Zainul Falah, Abdullah Iskandar Syah, Toriq Bahtiar Yusuf Ekananda, Shavira Azzahra, Shandy Krisnawan, Aya Shofia Mufti, menyerahkan alat roasting dan memberikan pendampingan teknis bagi pemilik UMKM Kopi Wali, Minggu (23/07/2023) siang. Tujuannya, dapat meningkatkan jumlah produksi dan kualitas produk mereka.

Tim dosen Universitas Negeri Malang (UM) menyerahkan bantuan alat roasting kepada pelaku bisnis kopi di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (23/07/2023) siang.

Pramono dengan penuh semangat menyampaikan tujuan dari inisiatifnya. “Sebagai bagian dari komunitas akademik, kami merasa memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi nyata dalam pemberdayaan masyarakat dan UMKM. Melalui penyerahan alat roasting modern ini, kami berharap dapat membantu para pelaku UMKM Kopi Wali dalam meningkatkan kapasitas produksi dan mutu kopi mereka,” ungkapnya.

Alat roasting yang diberikan ini merupakan model terbaru dengan teknologi canggih yang memungkinkan pemilik UMKM untuk melakukan proses pemanggangan biji kopi dengan lebih efisien dan menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Sebelumnya, UMKM Kopi Wali hanya menggunakan alat roasting tradisional dan terkadang harus menyewa alat roasting yang cenderung membatasi produksi mereka. Kini, dengan alat roasting modern ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat menghadirkan berbagai varian kopi berkualitas tinggi yang dapat menarik minat lebih banyak konsumen.

Penerimaan bantuan ini disambut gembira oleh pemilik UMKM Kopi Wali. Son, pemilik UMKM yang hadir dalam penyerahan, menyampaikan rasa terima kasihnya,  “Kami tidak pernah menyangka akan mendapatkan bantuan sebesar ini. Terima kasih kepada Pak Dr. Pramono dan Universitas Negeri Malang atas kepedulian mereka terhadap kami, para pelaku UMKM. Kami akan memanfaatkan alat roasting ini sebaik mungkin untuk meningkatkan produksi kopi,” katanya.

Tak hanya mendapat apresiasi dari para pelaku UMKM, upaya dari Dr. Pramono ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah setempat. Sekretaris Kecamatan Singosari, William S.Sos, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif ini. “Saya bangga melihat bagaimana universitas dan dosen turut berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Semoga kerjasama seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan UMKM di wilayah kami,” katanya.

Dengan adanya bantuan alat roasting dan pendampingan teknis yang diberikan dari UM ini diharapkan para pelaku UMKM Kopi Wali di Singosari, Malang, akan semakin ersaing di pasar kopi yang semakin kompetitif. (div/mat)