20 Juli 2024

`

Dinas Kominfo Latih 233 Warga Kota Malang MC dan Keprotokolan

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 233 utusan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) kelurahan serta Musrenbang tematik yang terdiri dari perempuan, anak, dan disabilitas,  mengikuti pelatihan Master of Ceremony (MC) dan Keprotokolan di Ballroom Ijen Suites, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (08/02/2023).

 

Pemateri, Rully Suprayogo, memberikan materi pada pelatihan Master of Ceremony (MC) dan Keprotokolan di Ballroom Ijen Suites, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (08/02/2023). (foto : malangkota.go.id)

 

PELATIHAN yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang ini dibagi menjadi dua sesi, Rabu (08/02/2023) dan Kamis (09/02/2023), menghadirkan pemateri Rully Suprayogo. Tujuannya, sebagai upaya  meningkatkan pemahaman dan kapasitas dalam bidang MC dan keprotokolan.

Para peserta pelatihan Master of Ceremony (MC) dan Keprotokolan bersama pejabat Dinas Kominfo Kota Malang di Ballroom Ijen Suites, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (08/02/2023). (foto : malangkota.go.id)

Dikutip dari malangkota.go.id, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Kota Malang, M. Sailendra, ST, MT, mengapresiasi langkah Diskominfo menggelar pelatihan MC dan Protokoler ini. Ia menilai, kegiatan ini strategis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Ketika berlangsung suatu kegiatan, terjadi interaksi, baik antar aparatur maupun masyarakat. Dalam interaksi tersebut terjadi komunikasi interpersonal yang kemudian diwadahi oleh sebuah acara resmi yang sangat membutuhkan peran protokol dalam mempersiapkan dan kelancaran acara,” jelasnya.

Sailendra menilai,  bahwa dalam beberapa kesempatan, masih sering dijumpai sebuah acara yang melibatkan peran MC serta protokoler, namun tidak dijalankan dengan baik. Karena  itu dia berharap  kegiatan ini bisa menjadi media pembinaan dalam mewujudkan MC dan protokoler yang handal.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap dapat menjadi media pembinaan untuk mewujudkan SDM (sumber daya manusia) MC dan protokoler yang handal serta profesional. Tujuannya, meningkatkan kualitas keprotokolan di lingkungan Pemerintah Kota Malang,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Diskominfo Kota Malang, Ismintarti, SP, menjelaskan, kepiawaian seorang MC maupun protokol dalam memandu sebuah acara sangat diperlukan supaya acara  berjalan  lancar.

“Kelancaran sebuah acara sangat dipengaruhi kepiawaian MC dan keprotokolan. Namun demikian masih banyak dijumpai dalam  berbagai kegiatan yang melibatkan  MC dan protokoler tidak atau jarang dijalankan dengan baik. Hal tersebut pulalah yang melatarbelakangi diselenggarakannya pelatihan MC dan protokoler ini,” terangnya.

Atik —sapaan akrab Ismintarti —-  menyebutkan,  sebanyak 233 peserta bergabung dalam pelatihan ini.  Mereka utusan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) kelurahan serta Musrenbang tematik yang terdiri dari perempuan, anak, dan disabilitas. “Yang perlu kita apresiasi adalah keterlibatan perempuan dalam kegiatan ini. Peserta pelatihan hari ini 81 persen pesertanya adalah wanita,” pungkasnya. (iko/mat)