26 Juni 2024

`

Dinas Kominfo Gelar Bimtek KIM se Kabupaten Malang

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggelar Bimbingan Teknis Kelompok Infomasi Masyarakat (Bimtek KIM) dari seluruh kecamatan di Hotel MIAMI, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (21/06/2023)  pagi. 

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Dr. Ricky Meinardhy, ST, MT, bersama narasumber.
Narasumber, Rahmat saat menyampaikan materi.

KEPALA Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Dr. Ricky Meinardhy, ST, MT,  dalam sambutannya menjelaskan, saat ini sangat tergantung pada internet. Berdasarkan data Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia, pada tahun 2022, pengguna jasa internet di Indonesia mencapai 210 juta jiwa atau 77% dengan rata-rata akses internet sebanyak 8 jam 36 menit per hari.

Para peserta Bimtek KIM Kabupaten Malang.

“Berdasarkan  survey Katadata Insight Center,  masyarakat yang menggunakan internet untuk komunikasi pesan singkat sebesar 54,7%, bermedia sosial 49,8%,  dan browsing informasi 47,5%,” jelas Ricky.

“Dari apa yang saya sampaikan tersebut, tersirat makna bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi sesuatu yang sangat penting bagi semua aktifitas kehidupan,” tambahnya.

Narasumber, Yahya saat menyampaikan materi.

Berawal dari data inilah, masih kata Ricky Meinardhy, Dinas Kominfo menggelar Bimtek KIM, karena memang sangat penting. “Karena saat ini  kita berada pada era dimana pola hubungan antara pemerintah dan masyarakat sudah berubah ke arah pemerintahan yang terbuka,” jelasnya.

Para peserta Bimtek KIM Kabupaten Malang.

Dia menambahkan, KIM memiliki peran penting dan strategis. Karena keberadaannya sebagai wadah yang dibentuk untuk melakukan  pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat secara luas.

“KIM punya banyak manfaat. Pertama, memperlancar arus informasi secara dinamis antara pemerintah dan masyarakat, baik terkait program pembangunan  yang sedang berjalan maupun informasi aktual lainnya. Kedua, meningkatkan literasi masyarakat dan mengatasi kesenjangan informasi dan sebagainya,” jelasnya.

Karena itu Kepala Dinas Kominfo berharap para peserta bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga KIM di Kabupten Malang meningkat, baik kualitas maupun kuantitas. (mat)