20 Juli 2024

`

Cegah Stunting, Puskesmas Janti Edukasi Warga Konsumsi Protein Hewani

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Puskesmas Janti, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur,  memberikan edukasi gerakan protein hewani kepada masyarakat di Posyandu Alpukat RW 04, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Kamis (09/02/2023) siang.

 

Narasumber menyampaikan materi edukasi gerakan protein hewani kepada masyarakat di Posyandu Alpukat RW 04, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Kamis (09/02/2023) siang. (foto : malangkota.go.id)

 

KEGIATAN yang digelar dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-63 tahun 2023 ini diharapkan dapat mencegah stunting.

Senitri Ariyani, SST, Nutrisionist Puskesmas Janti, menjelaskan, edukasi gerakan mengonsumsi protein hewani ini juga menjadi salah satu upaya Puskesmas Janti dalam mencegah sekaligus mempercepat penurunan  stunting. “Karena protein hewani merupakan salah satu instrumen gizi yang dibutuhkan  ibu hamil dan anak-anak untuk mencegah stunting,” katanya.

Puskesmas Janti, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, memberikan edukasi gerakan protein hewani kepada masyarakat di Posyandu Alpukat RW 04, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Kamis (09/02/2023) siang. (foto : malangkota.go.id)

Dia menambahkan, pada peringatan Hari Gizi Nasional ke-63,  tepat 25 Januari 2023, Kementerian Kesehatan mengangkat tema ‘Protein Hewani Cegah Stunting’. Ini menjadi momentum untuk membangun gizi menuju bangsa sehat,  berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.

“Ada 87 peserta mengikuti kegiatan ini. Edukasi ini menghadirkan pemateri Adji Hambali, SST, RD, ahli gizi di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA). Salah satu poin penting materi yang diberikan adalah terkait sumber-sumber protein yang dapat dikonsumsi setiap hari bersama dengan asupan lain sesuai dengan prinsip gizi seimbang yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur,  dan buah. Adapun beberapa protein hewani yang tersedia dan mudah diperoleh antara lain telur, ikan, daging, dan susu,” terangnya.

Senitri Ariyani menjelaskan, untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) merupakan bentuk olahan protein hewani, berupa rolade telur sayuran yang kaya protein hewani dan vitamin. “Diharapkan PMT yang diberikan bisa menjadi inspirasi menu olahan protein hewani yang baik untuk pertumbuhan, serta dapat mencegah stunting,” harapnya. (iko/mat)