22 Februari 2024

`

Cegah Ledakan Petasan, Polsek Sukun Patroli Toko Kimia

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Polsek Sukun menggelar patroli, memeriksa sejumlah toko di Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, yang diduga menjual bahan kimia, khususnya bahan yang dipakai untuk membuat petasan, Jumat (24/02/2023).

 

Anggota Polsek Sukun memberikan arahan kepada pemilik toko agar tidak sembarangan menjual bahan kimia, khususnya bahan yang dipakai untuk membuat petasan, di Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (24/02/2023).

 

OPERASI dilakukan menyusul terjadinya ledakan di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Minggu (19/02/2023) lalu. Ledakan dari serbuk petasan itu  mengakibatkan korban jiwa dan materi.

Anggota Polsek Sukun dan seorang Bhabinsa, memberikan arahan kepada pemilik toko agar tidak sembarangan menjual bahan kimia, khususnya bahan yang dipakai untuk membuat petasan, di Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (24/02/2023).

“Kami berkolaborasi dengan Muspika Sukun, Lurah, dan Babinsa. Kami mendatangi beberapa toko, memastikan bahan tersebut, sebagai pencegahan hal yang tidak diinginkan. Mengingat sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan,” terang Kapolsek Sukun Kompol Nyoto Gelar, S.Psi, usai operasi.

Dia menambahkan, langkah ini dilakukan sebagai implementasi arahan Kapolresta Malang Kota, Kombes Budi Hermanto. “Berdasarkan hasil patroli, kami tidak menjumpai toko menjual bahan kimia atau bahan baku pembuatan petasan. Kami mengimbau penjual agar tidak sembarangan  memperjualbelikannya,” kata Kompol Nyoto Gelar.

Bahan-bahan yang menjadi sasaran patroli petugas gabungan ini  mulai belerang, fosfat,  dan jenis lainnya. Karena barang-barang tersebut bisa menimbulkan resiko tinggi, termasuk bahan yang digunakan merakit petasan. Para penjual diberikan edukasi agar tidak sembarangan memperjualbelikan  barang tersebut. (aji/mat)